Kenalkan Karier pada Siswa SD, Mahasiswa UMM Gelar Career Festival

Foto: Menceritakan profesi impian anak didik
Sumber :
  • vstory

VIVA - Bertempat di SDN Dadaprejo 01, mahasiswa UMM mengadakan acara Career Festival dengan tema Cita-citaku. Acara ini digelar oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dengan tujuan untuk mengenalkan berbagai macam karier atau profesi yang bisa diambil ketika mereka telah menjadi orang dewasa. Kegiatan ini melibatkan 11 mahasiswa dan 59 siswa sekolah dasar.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Masa kanak-kanak merupakan masa di mana anak mulai mengeksplorasi berbagai macam pilihan karier atau cita-cita yang sesuai dengan diri mereka. Tentunya hal ini perlu ditunjang dengan adanya pengetahuan dari anak-anak mengenai berbagai macam profesi yang dapat mereka jadikan cita-cita yang akan mereka raih.

Untuk menunjang hal ini, maka Mahasiswa UMM mengadakan acara Career Festival. Kegiatan ini dimulai setelah siswa mengadakan senam pagi di lapangan sekolah. Setelah kegiatan senam selesai, siswa kelas 3 SD ini diajak untuk berkumpul di lapangan untuk melakukan pembukaan serta pembagian kelompok.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

59 siswa tersebut dibagi menjadi 5 kelompok dengan terdapat 1 pendamping dari mahasiswa UMM untuk mendampingi serta mengarahkan untuk menuju ke pos-pos yang telah disediakan. Dalam kegiatan ini, terdapat 3 pos yang akan menjelaskan terkait macam-macam karier di mana di tiap posnya terdapat 2 jenis profesi yang dikenalkan.

Pada Pos 1 siswa kelas 3 SD ini dikenalkan mengenai macam-macam profesi terkait olahraga dan jasa. Dalam kategori olahraga, siswa dijelaskan 5 macam profesi yakni atlet renang, bulu tangkis, basket, lari, dan sepak bola. Sedangkan untuk kategori jasa, siswa juga dikenalkan 5 macam profesi yakni pedagang, koki, pramugari, guru, dan pemadam kebakaran.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Dalam Pos 1 ini, penjelasan kepada siswa ditunjang dengan adanya alat peraga yakni berupa alat-alat yang digunakan di setiap profesinya. Seperti bola basket, raket, dan lain sebagainya. Selain itu siswa juga diajak untuk mencoba bermain bola basket agar mereka dapat merasakan permainan dari basket sendiri.

Setelah selesai di Pos 1, siswa diarahkan oleh pendamping menuju Pos 2. Dalam Pos 2 ini siswa diajak berkenalan mengenai berbagai macam profesi terkait pengendara suatu alat transportasi dan hukum. Terdapat 6 macam profesi yang dikenalkan terkait pengendara alat transportasi yakni ojek, sopir mobil, nakhoda, pilot, masinis, dan astronot. Kemudian terkait dengan hukum dijelaskan 3 profesi yakni pengacara, jaksa, dan hakim.

Dalam Pos ini siswa diajak berkenalan dengan profesi tersebut dengan media gambar. Siswa diajak untuk menebak siapa yang mengendarai suatu kendaraan berdasarkan jenis kendaraan yang ada di gambar seperti gambar perahu, pesawat, dan lain-lain.

Perjalanan dilanjutkan ke pos terakhir yakni berbagai macam profesi terkait seni dan kesehatan. Terdapat 5 jenis profesi yang dikenalkan pada kategori seni yakni youtuber, pelukis, penari, penyanyi, dan aktor. Pada kategori kesehatan sendiri juga dikenalkan 5 jenis pekerjaan yakni perawat, bidan, dokter hewan, apoteker, dan fisioterapis.

Pada pos ini media yang digunakan untuk menjelaskan adalah video. Siswa diajak untuk melihat video terkait dengan profesi seni dan kesehatan kemudian pemateri akan menjelaskan sedikit mengenai berbagai macam profesi tersebut.

Yang unik dalam kegiatan ini adalah setiap pemateri di tiap pos menggunakan pakaian yang mewakili 6 kategori profesi yang telah disebutkan agar siswa lebih tertarik untuk mengenal profesi-profesi tersebut.

Setelah perjalanan ke tiap pos selesai, siswa dikumpulkan untuk menggambar cita-cita mereka. Tiap siswa menggambarkan cita-cita mereka dalam selembar kertas. Terlihat antusiasme dari siswa sendiri ketika menggambar cita-cita mereka. Mereka menggambar berbagai macam profesi seperti guru, astronot, youtuber dan lain-lain.

Setelah menggambar, siswa diajak maju ke depan untuk menjelaskan mengapa mereka memilih cita-cita tersebut dan kemudian mereka diberi hadiah apabila mereka berani menjelaskan tentang cita-cita mereka.

Setelah menjelaskan cita-cita mereka, mahasiswa UMM memberikan sedikit ulasan serta kata-kata agar siswa dapat terus mengejar cita-cita mereka. Setelah penjelasan dari mahasiswa UMM selesai, acara ditutup dengan foto bersama oleh mahasiswa UMM dan siswa kelas 3 SD tersebut.

Salah satu mahasiswa UMM mengatakan bahwa acara ini diharapkan mampu membuka wawasan anak-anak mengenai profesi sehingga mereka dapat memilih cita-cita sesuai dengan bakat dan minat mereka. Apabila mereka bisa mengetahui pilihan karier sejak dini, anak-anak akan dapat mengembangkan skill-skill yang dibutuhkan untuk menunjang cita-cita mereka.

“Pilihan pekerjaan pada Career Festival ini juga disesuaikan dengan perkembangan zaman. Apabila dulu mayoritas anak memiliki cita-cita menjadi guru, polisi, tentara, dan lain-lain, seiring berkembangnya teknologi siswa memiliki lebih banyak pilihan cita-cita. Seperti youtuber, ojek online, astronot, dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu adanya kegiatan-kegiatan yang mengenalkan berbagai macam profesi tersebut agar anak-anak bisa mengeksplor lebih terkait dengan cita-cita yang ada di industri 4.0 ini,” ujar ketua panitia dari kegiatan ini.

Perlu adanya sebuah saran di mana anak-anak dapat mengenal berbagai macam karier yang ada saat ini. Agar anak-anak memiliki wawasan yang luas terkait dengan karier sesuai dengan perkembangan zaman.

(Penulis: Kresna dkk, Mahasiswa Fakultas Psikologi semester 5, Universitas Muhammadiyah Malang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.