Suka Duka Menjadi Seorang Blogger

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger
Sumber :
  • vstory

VIVA – Karena ini adalah waktu yang spesial, maka khusus hari ini saya tidak akan membagikan tutorial maupun info tekno lainnya. Tapi pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi seputar hobi baru saya sebagai seorang blogger. Tema yang saya ambil kali ini yaitu Suka dan Duka Menjadi Seorang Blogger. Apakah Anda penasaran? Silakan baca artikel ini sampai selesai.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Meski menurut teman-teman menjadi blogger adalah hal yang mudah. Memang benar sangat mudah, tapi untuk menjadi seorang blogger yang sukses sebenarnya tidaklah mudah. Diperlukan kesabaran supaya visitor atau pengunjung blog kita betah dengan apa yang kita sampaikan.

Di sini saya akan membagikan mengenai suka dan duka menjadi seorang blogger. Artikel ini saya buat berdasarkan pikiran saya sendiri yang muncul secara tiba-tiba dan seketika saya ingin membagikannya kepada pengunjung blog yang setia. Artikel ini semoga bermanfaat terutama bagi para blogger yang baru memulainya.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Apa saja yang sering menjadi ‘duka’ bagi seorang blogger? Berikut penjelasannya

1. Susah Mencari Tema atau Topik Blog yang Sesuai

Tampil Stylish dan Nyaman di Momen Ramadhan, ALDO Luncurkan Koleksi dengan Teknologi Pillow Walk

Yups, yang pertama mencari topik atau niche yang kita kuasai. Banyak orang beranggapan bahwa blogger yang mengambil tema campur-campur alias gado-gado misal teknologi, obat-obatan, games dan lain-lain mudah mendapatkan visitor tapi sulit membangun brand. Sedangkan blogger yang mengambil satu tema saja sulit mendapat visitor tapi mudah membangun brand.

Menurut saya itu tidaklah benar, banyak visitor atau tidak itu tergantung dengan bagaimana cara blogger menyajikan konten yang unik dan menarik minat supaya dibaca orang. Mencari topik blog yang akan dibahas memang seringkali menjadi dilema bagi blogger pemula.

Saran saya, carilah tema yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki sehingga informasi yang kita sampaikan tidak simpang siur alias tidak terbukti kebenarannya.

2. Mencari Nama Domain yang Cocok untuk Blognya

Bagi blogger pemula biasanya masih bimbang ingin memberi apa nama blog yang kita buat. Ada beberapa yang buat domain blog asal-asalan bahkan ada yang buat dengan nama-nama yang aneh.

Domain memang memengaruhi penilaian blog kita di mata mesin pencari saat dilakukan pengindeksan. Bagi pemula, saran saya gunakan subdomain bawaan seperti blogspot terlebih dahulu. Setelah banyak visitornya, baru kita bisa ganti domain dengan kesukaan kita.

Jangan sekali-kali menggunakan domain gratisan seperti freenom, nanti kita yang akan rugi. Blog kita susah untuk terindeks di mesin pencari apalagi mau daftar adsense pun tidak bisa. Gunakanlah domain berbayar (TLD) seperti .com, .net, dan lain-lain. Buatlah nama domain yang mudah diingat.

3. Mencari Template yang Cocok untuk Blognya.

Biasanya blogger bingung mau milih template yang nyaman digunakan untuk dipasang di blognya. Di internet ada ribuan template blog yang siap pakai, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Penggunaan template tertentu bagi saya memengaruhi kualitas blog itu sendiri.

Gunakanlah blog yang SEO dan kecepatan loading-nya lumayan cepat. Selain itu pastikan template yang dipakai user friendly alias nyaman ketika dibuka dalam tampilan mobile.

4. Sulit Meluangkan Waktu untuk Update Artikel.

Nomer 4 ini memang sering jadi kendala bagi semua blogger. Terkadang saat ingin membuat artikel tapi tiba-tiba ada kepentingan. Sehingga update artikel jadi tertunda. Saya sendiri juga sering mengalami hal ini. Sebisa mungkin kalian catat dulu ide yang muncul di pikiran kalian supaya saat mempunyai waktu luang kalian tidak bingung ingin membuat artikel tentang apa. Catatlah di handphone kalian supaya mudah.

5. Mendapatkan Kiriman Spam dari Orang yang Tidak Dikenal.

Saingan saat kita menjadi blogger tidaklah sedikit, di saat kita hampir mencapai titik kesuksesan dalam membuat blog ada saja yang tidak suka saat kita mendapat page one di pencarian Google. Mereka bisa saja mengirimkan traffic tidak valid maupun bom klik bagi yang blognya sudah diterima adsense. Jadi jangan pernah menyerah walaupun banyak rintangan yang harus kita hadapi.

Di atas kita sudah bahas apa saja yang menjadi ‘duka’ ketika menjadi blogger. Lalu apa saja sih yang menjadi suka dengan blogging? Berikut lanjutannya.

1. Bisa Belajar Bagaimana Cara Membuat Tulisan yang Menarik dan Disukai Banyak Orang.

Bagi kalian yang suka nge-blog, sangat cocok untuk belajar bagaimana menulis blog yang mudah dipahami semua orang. Menulis blog tidak boleh sembarangan. Pastikan visitor yang berkunjung mengerti dengan apa yang kita sampaikan. Usahakan menghindari kata-kata yang disingkat untuk menghindari kesalahan.

7. Mendapat Penghasilan Sampingan dari Blog

Bagi kalian yang sudah mempunyai banyak visitor, bisa mencoba mendaftarkan ke salah satu periklanan terbesar di dunia seperti adsense. Cukup dengan memasang iklan kita akan mendapat bayaran ketika ada pengunjung yang melihat maupun klik iklan yang kita pasang. Ketika sudah mencapai batas tertentu, saldo yang kita kumpulkan bisa untuk uang jajan. Lumayanlah buat kalian yang belum bekerja.

8. Menjadi Seseorang yang Terkenal

Ketika blog yang kita buat sudah banyak pengunjungnya, maka kita akan terkenal. Banyak yang menjadi blogger, dikenal oleh banyak orang. Sehingga kita juga akan mendapatkan penghasilan yang banyak. Di internet sudah banyak sekali contoh orang-orang yang sukses lewat blog. Admin sendiri terinspirasi dari mereka yang bisa menjadi sukses hanya melalui blog.

9. Cocok Buat Kalian yang Punya Kepribadian Introvert

Bagi saya hobi yang paling cocok bagi introvert adalah nge-blog. Karena kita tidak perlu berbicara di depan kamera maupun di depan orang. Saya sendiri memang dikenal sangat pendiam dan jarang berbicara oleh orang lain. Lumayanlah bisa saling berbagi ilmu dan bisa belajar menjadi seorang penulis yang baik. Tapi bagi yang ingin melatih keterampilan berbicara lebih cocok menjadi seorang YouTuber.

Mungkin itu saja cerita mengenai suka dan duka menjadi seorang blogger. Semoga bisa dijadikan motivasi untuk terus berkembang. Jujur saja, blog saya juga sedang saya kembangkan supaya menjadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.