Identitas Nasional dan Modernitas

TOLONG!!! JAGA IDENTITAS NEGERI INI
Sumber :
  • vstory

VIVA – Modernitas adalah sebuah fenomena atau realitas sosio-kultural yang dimana selalu dihadapi oleh setiap individu, masyarakat maupun suatu bangsa. Modernitas sendiri diartikan sebagai modernitas berasal dari perkataan “modern”, dan makna umum dari perkataan modern adalah segala sesuatu yang bersangkutan dengan kehidupan masa kini.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Sedangkan lawan dari modern adalah kuno, yang diartikan segala sesuatu yang bersangkutan dengan masa lampau. Dari sini bisa diartikan bahwa moderinitas adalah suatu pandangan yang dianut untuk menghadapi masa kini (Suryohadiprojo, 1994). Pengaruh yang sangat besar yang memengaruhi modernitas yaitu terjadinya sebuah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat besar sekali yang menyumbang perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat terutama dalam hal nilai, norma, kebudayaan, hingga sebuah rasa nasionalisme.         

Menurut Koentjaraningrat, Modern adalah sebuah usaha yang hidup dengan sesuai pada zaman dan dunia yang berbeda dengan zaman dahulu kala. Modern adalah ketika zaman terjadi perubahan menjadi sebuah zaman yang baru dengan perkembangan dan perubahannya.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Sedangkan menurut  R. Soekmono, modern adalah zaman yang coraknya ditentukan oleh pengaruh-pengaruh Eropa Barat. Modernitas juga dipandang sebagai sebuah kemajuan dari pemikiran manusia. Namun modernitas juga dipandang sebagai sebuah ancaman melemahnya rasa berbangsa dan bernegara (nasionalisme), bagi masyarakat di suatu bangsa.

Modernitas yang di khawatirkan menjadi sebuah ancaman ini terutama modernitas yang dikenalkan oleh dunia barat. Dan yang lebih mengkhawatirkan jika generasi muda penerus bangsa indonesia ini terjebak dalam modernitas dunia barat. Karena menurut asumsi penulis, generasi muda ini sangat rentan terpengaruh oleh modernitas dunia barat. Sementara di tangan mereka terletak massa depan sebuah bangsa.

Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Oleh karena itu, bagaimana cara agar bangsa tidak terpengaruh oleh modernitas yang mengarahkan pada melemahnya rasa nasionalisme maupun hilangnya nilai, norma serta budaya? Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan. Namun di sini penulis mencoba dengan cara mempertahankan sebuah identitas nasional. Karena menurut asumsi penulis, dengan mempertahankan identitas nasional maka rasa nasionalisme akan tetap ada dan nilai, norma serta budaya tidak akan luntur dimakan zaman.

Dalam rangka mempertahankan identitas nasiaonal suatu bangsa, maka sebelumnya perlu diketahui apa saja unsur pembentuk identitas bangsa Indonesia. Unsur pembentuk identitas nasional suatu bangsa antara lain adalah kebudayaan. Di mana kebudayaan adalah sebuah kemampuan manusia sebagaimana menjadi makhluk sosial yang berisi tentang perangkat pengetahuan yang berguna mendukung kehidupan manusia itu sendiri.

Kebudayaan adalah salah salah faktor penting dalam pembentukan sebuah identitas nasional. Negara Indonesia yang memiliki berbagai macam budaya ini akan menjadi salah satu jati diri atau ciri khas bangsa Indonesia. Maka dari itu sangatlah penting bagi kita semua masyarakat Indonesia untuk melestarikan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Suku bangsa juga merupakan salah satu hal penting dalam pembentukan identitas nasional. Suku bangsa ialah satu golongan yang bersifat askriptif atau dibawa sejak lahir. Maksudnya suku bangsa ini sama layaknya jenis kelamin ataupun umur seseorang.

Di Indonesia sendiri sangat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan ciri khas mereka sendiri-sendiri. Maka untuk mempertahankan sebuah ciri khas sama juga dengan mempertahankan identitas nasional. Bahasa juga merupakan salah satu unsur pembentuk identitas nasional.

Bangsa Indonesia sudah jelas memiliki banyak bahasa karena adanya ratusan suku bangsa yang memiliki minimal satu bahasa yang berbeda. Dalam hal ini bahasa diartikan sebagai simbol atau lambang, yang dibentuk dengan menggunakan unsur-unsur dari bunyi ucapan manusia dan digunakan sebagai interaksi manusia. Maka dari itu dengan banyaknya bahasa yang dimiliki bangsa Indonesia, akhirnya disepakati satu bahasa agar tidak terjadi perpecah belahan, yaitu satu bahasa Indonesia.

Agama juga merupakan salah satu pembentuk identitas nasional. Bangsa Indonesia juga merupakan bangsa yang menjunjung tinggi nilai keagamaan, kita bisa melihat dari sila pertama Pancasila Ketuhanan yang Maha Esa. Bangsa Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang agamis. Dengan kata lain, setiap warga negara Indonesia harus beragama yang mereka percayai. Agama-agama besar yang berkembang di Indonesia antara lain adalah agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Setelah mengetahui beberapa unsur-unsur dari pembentuk identitas nasional bangsa Indonesia dan beberapa identitas bangsa Indonesia, maka dari itu selanjutnya penulis mencoba sedikit menjelaskan jati diri bangsa Indonesia dalam menghadapi arus modernitas.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunkasi, arus modernitas juga terus menyebar ke seluruh dunia. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan modernitas adalah dua hal yang saling berkaitan. Karena tidak ada modernitas tanpa kemajuan teknologi.

Dalam konteks bangsa Indonesia modernitas sangat mengkhawatirkan pada pudarnya eksistensi budaya-budaya lokal yang dimiliki bangsa Indonesia. Modernitas juga banyak diperkenalkan oleh dunia barat yang di mana budayanya sangat berbeda dengan bangsa Indonesia. Maka nilai-nilai dunia barat akan menjadi ancaman bagi kelestarian nilai-nilai lokal bangsa Indonesia.

Contohnya sangat jelas kesenian-kesenian seperti ludruk, gamelan, wayang kulit sudah mulai tergantikan dengan budaya pop khas barat. Budaya seperti sikap toleransi, menghormati orang yang lebih tua, ramah tamah juga mulai digempur oleh sikap individualistik dan pergaulan bebas yang tak lain dibawa oleh arus modernitas.

Maka dari itu, masyarakat bangsa Indonesia harus bisa mempertahankan eksistensi budaya lokal dari terpaan modernitas. Salah satunya adalah dengan pembangunan jati diri bangsa Indonesia.

Modernitas  yang juga menyebabkan nilai budaya dan bahasa, nilai-nilai solidaritas sosial, kekeluargaan dan rasa cinta tanah air dirasakan semakin memudar. Oleh karena itu jati diri bangsa indonesia yang juga merupakan salah satu identitas nasional yang harus diinternalisasikan secara mendalam dan harus dibangun secara kuat.

Cara yang bisa digunakan sebenarnya banyak, tetapi penulis mencoba dengan cara menanamkan nilai-nilai kearifan lokal pada generasi muda. Dari sinilah pendidikan berperan sangat penting dalam membuat pola pikir generasi muda dalam menghadapi arus modernitas.

Bukan berarti mempertahankan kearifan lokal bangsa dilihat sebagai hal yang kuno. Tetapi dengan mempertahankan kearifan lokal akan terbentuklah jati diri bangsa yang kuat. Dengan harapan jangan sampai tercabut akar budaya yang telah diwarisi oleh para pendahulu di era globalisasi atau modernitas ini.

Tidak hanya itu, menghadapi modernitas juga bisa dengan cara membentuk integrasi nasional dalam mempertahankan identitas nasional. Asumsi penulis sebenarnya membentuk integrasi nasional juga hampir sama dengan pembentukan jati diri bangsa. Jadi integrasi nasional maupun jati diri bangsa ini sama-sama melihat pada budaya masa lalu yang dijadikan sebagai alat untuk membangun bangsa pada masa depan.

Dengan melihat budaya masa lalu akan terbentuklah rasa nasionalisme atau identitas nasional. Integrasi nasional sebenarnya bisa terwujud dengan menggunakan beberapa cara atau jenis integrasi nasional. Seperti asimilasi, yaitu percampuran dua budaya atau lebih menjadi satu kebudayaan.

Dalam konteks ini, negara berusaha melebur beberapa kebudayaan dengan tujuan agar mudah diterima oleh masyarakat. Akulturasi yaitu pencampuran dua budaya atau lebih dengan tidak menghilangkan ciri-ciri budaya asli pembentuknya. Dengan tujuan agar tercipta persatuan dan kesatuan masyarakat dengan tetap menghargai dan memelihara nilai-nilai budaya.

Pluralis yaitu di mana paham menghargai semua perbedaan dalam suatu bangsa, Paham ini sangat cocok diterapkan di bangsa Indonesia yang notabenenya terdapat banyak sekali perbedaan. Inilah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempertahankan identitas nasional dalam menghadapi modernitas. Namun masih banyak cara lain yang bisa digunakan.

(Penulis: Sindu Mukti Sahaja, Universitas Brawijaya, Malang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.