Apa Saja Keuntungan E-Commerce di Era Milenial?

Ragam manfaat dari E-commerce
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pusat perbelanjaan seperti toko, mal dan supermarket adalah tempat untuk orang-orang membeli barang atau kebutuhan yang diinginkan dengan datang langsung ke tempatnya dan membeli barang. Akan tetapi, untuk sebagian orang yang memiliki aktivitas yang padat harus menunda untuk membeli barang yang diinginkan karena kurangnya waktu untuk pergi ke tempat perbelanjaan.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Perkembangan teknologi yang sedang merambah ke segala sisi kehidupan manusia saat ini membukakan banyak peluang untuk  memanfaatkannya menjadi keuntungan. Teknologi yang semakin canggih memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

Hal tersebut memicu lahirnya e-commerce atau perdangangan elektronik yang diciptakan untuk transaksi bisnis dengan memanfaatkan internet dan penggunaan web. Dengan adanya e-commerce memudahkan kita dalam menyimpan tenaga dan waktu untuk mencari barang yang dibutuhkan. Karena manfaat dari e-commerce adalah memudahkan proses jual beli agar tidak terhalang oleh jarak dan waktu.
 
Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia. Karena makin banyaknya pelaku usaha yang mengembangkan usahanya melalui digital dalam beberapa tahun belakangan ini. Tingginya pertumbuhan e-commerce di Indonesia juga dilatar belakangi oleh penggunaan internet di Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Data statistika 2019 menunjukkan pengguna internet di Indonesia pada 2018 sebanyak 95,2 juta, tumbuh 13,3 persen dari 2017 yang sebanyak 84 juta pengguna. Pada tahun selanjutnya pengguna internet di Indonesia akan semakin meningkat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 10,2 persen pada periode 2018-2023. Pada 2019 jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan tumbuh 12,6 persen dibandingkan 2018, yaitu menjadi 107,2 juta pengguna.
 
Pada era milenial saat ini para pengusaha lebih banyak mengembangkan usaha nya melalui digital karena memperoleh keuntungan yang cukup besar. Sekitar 25 persen pengguna internet di Indonesia suka berbelanja di toko online. Sehingga nilai transaksi e-commerce terus meningkat hingga Rp300 triliun.

Dengan adanya e-commerce, pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia pun menjadi meningkat. Para UMKM yang mengandalkan e-commerce pun menjadi berkembang pesat.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar membidik para pemuda yang memiliki minat di bidang entrepreneurship. Berbagai fasilitas disediakan untuk mendukung program tersebut. Mulai dari modal, tempat usaha, hingga pemasaran secara online. Bagi pebisnis e-commerce, ini adalah peluang terbesarnya. E-commerce dapat menjadi perantara perdagangan produk para wirausaha tersebut.
 
Indonesia telah memasuki era pasar Global yang mendorong masuknya investor dari seluruh dunia. Hal tersebut merupakan peluang besar bagi pengusahan e-commerce untuk mendapatkan modal. Dengan demikian, bisnis e-commerce akan semakin berkembang.

Perkembangan bisnis e-commerce sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi dapat didefinisikan sebagai pertambahan nilai dari seluruh kegiatan ekonomi di suatu negara yang berarti mensyaratkan terjadinya penukaran.
 
Perkembangan nilai transaksi e-commerce yang mempresentasikan total nilai pertukaran barang dan jasa pada sistem penjualan online akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penawaran dan permintaan membentuk keseimbangan, di mana interaksi antara keduanya akan menghasilkan nilai.

Nilai transaksi e-commerce dibentuk dari interaksi antara penawaran dan permintaan di sektor ini. Perkembangan jumlah pelaku bisnis e-commerce, dalam hal ini bertindak sebagai produsen, berkontribusi mendorong penawaran produk dalam perdagangan online.

Semakin banyak produsen e-commerce, semakin banyak barang dan jasa yang diperdagangkan secara online. Sehingga semakin besar pula potensi transaksi yang akan terjadi. Pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi penjualan barang dan jasa secara online maupun konvensional memiliki implikasi serupa terhadap pertambahan PDB (Produk Domestik Bruto) yang merupakan indikator yang umum digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.
 
Dari penjabaran yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari e-commerce itu sendiri. Dengan adanya e-commerce sangat mempermudah kalian untuk mencoba dan memulai usaha dari platform e-commerce yang tersedia.

Sehingga dapat memulai usaha sendiri dan memiliki keuntungan yang lebih besar karena tidak mengeluarkan beban sewa toko, dan beban gaji pegawai. Sehingga dengan adanya e-commerce kalian dapat dengan mudah menjualbelikan barang.

(Penulis: Michelle Nafiri, Mahasiswa Universitas Indonesia, Program Studi Adm. Keuangan dan Perbankan)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.