Dendeng Batokok yang Pedasnya Bikin Nagih

Dendeng Kuliner Nusantara
Sumber :
  • vstory

VIVA – Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu begitu mendengar kata dendeng? Sudah pasti akan terbayang irisan daging tipis yang sedikit kering dan sudah dibumbui, memiliki warna kecoklatan, bertabur bumbu ketumbar, dan rasanya cenderung manis.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Pada umumnya dendeng ini hanya menggunakan satu jenis daging saja, yaitu daging sapi. Tetapi ada juga yang membuat dendeng dari daging kambing atau daging babi. Sungguh menarik bukan?

Makanan olahan daging ini terbilang sangat praktis. Sebab kamu hanya tinggal menggoreng saja dan sudah bisa menikmati kelezatan dari daging dendeng. Selain itu, karena bentuk dan cara menikmatinya yang sangat mudah dan praktis menjadikan dendeng ini seringkali dibawa sebagai makanan bekal.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Sejarah asal nama dendeng batokok

Dendeng batokok ini merupakan dendeng khas dari daerah Bukittinggi. Istilah batokok ini sendiri diambil dari cara memasak dendeng yang satu ini, yaitu memasak dengan cara ditokok-tokok atau dipukul-pukul.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Jadi, prosesnya adalah daging yang masih mentah direndam dengan bumbu lalu diiris tipis. Setelah itu dipukul-pukul pakai batu atau cobek supaya seratnya pecah, menjadi lebih tipis, dan juga lebih lebar.

Dengan tektur daging yang seperti itu, pada akhirnya bumbu juga akan mudah meresap. Selanjutnya, daging tadi dibakar dan setelah matang dilumuri dengan minyak tanah dan bumbu cabai.

Jenis dendeng menurut cara pengolahannya

1. Dendeng Kering

Dendeng kering ini memiliki ciri khas tekstur yang kering dan renyah. Pada umumnya dibuat dengan cara digoreng, dikeringkan, atau bahkan juga ada yang dibakar. Karena dendeng bertekstur tipis, maka tidak dimasak dahulu di bumbu, namun hanya direndam saja hingga bumbunya benar-benar meresap.

2. Dendeng Basah

Cara memasak dendeng basah ini hampir sama pada saat kamu memasak rendang. Jadi dagingnya dimasak lama supaya bumbunya meresap ke dalam daging dan sampai airnya benar-benar surut dan kering.

3. Dendeng Kering Bersaus

Dendeng kering bersaus ini merupakan dendeng kering yang kemudian disajikan dengan saus. Dendeng kering ini digoreng atau juga bisa dibakar terlebih dahulu sampai benar-benar matang dan renyah. Baru setelah itu dendeng diaduk bersamaan dengan saus.

Untuk saus yang digunakan umumnya berbahan dasar cabai. Pada umumnya cabai yang digunakan untuk membuat dendeng jenis ini hanya dengan menumbuk kasar lalu ditumis dengan menggunakan minyak. Bahkan bawang juga ikut ditumis sampai minyak berubah warna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.