Pentingnya Coffee Break saat Seminar atau Pelatihan

Kuliner Nusantara
Sumber :
  • vstory

VIVA – Apabila kita mengikuti suatu seminar atau pelatihan, kita dituntut untuk fokus pada materi dan aktivitas pada seminar atau pelatihan tersebut. Pada umumnya, seminar maupun pelatihan dilaksanakan lebih dari 2 jam dalam sehari.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Dengan demikian, Wakulovers harus bisa fokus selama itu untuk bisa menyerap seluruh materi. Sedangkan, beberapa sumber ilmiah mengatakan bahwa manusia rata-rata hanya dapat bertahan untuk fokus selama 30 - 60 menit saja.

Terlebih jika seminar atau pelatihan berlangsung seharian, UK’s National Health Service mengatakan bahwa tenaga manusia itu paling lemah pada jam 14.00 hingga 16.00. Untuk itu, sangat perlu adanya jeda untuk beristirahat dan mengembalikan fokus peserta. Hal ini biasa disebut dengan coffee break.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Coffee break adalah istilah untuk istirahat singkat selama 10 hingga 20 menit di hari kerja, di suatu acara pertemuan, seminar atau pelatihan, untuk menikmati secangkir kopi, atau teh, atau makanan kecil.

Budaya ini awalnya berasal dari Kota Stoughton, Washington, sejak akhir tahun 1800 dan sekarang menjadi bagian umum di tempat kerja sehari-hari. Adapun manfaat coffee break saat seminar atau pelatihan yakni :

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

1. Mengembalikan konsentrasi
Setelah sekian lama dituntut fokus pada materi dan aktivitas seminar, peserta akan mengalami penurunan konsentrasi. Adanya coffee break dapat mengembalikan fokus dan konsentrasi peserta sehingga tujuan penyampaian materi pada peserta bisa lebih efektif.

2. Kesempatan berkenalan
Saat dalam seminar dan pelatihan, kerap kali jadwalnya sangat padat dan belum tentu ada kesempatan untuk saling mengenal antar peserta. Padahal saat seminar dan pelatihan, Wakulovers akan bertemu banyak orang baru. Orang-orang tersebut bisa menjadi jejaring atau rekanan kita dan berpotensi saling memberi peluang.

3. Kesempatan bertanya
Biasanya dalam seminar dan pelatihan terdapat batas waktu dan batas pertanyaan untuk peserta. Seringkali karena tingginya antusias para peserta, kita tidak mendapat kesempatan untuk bertanya pada pembicara atau pemateri. Saat coffee break inilah yang bisa menjadi kesempatan untuk bertanya dengan suasana yang lebih santai sehingga bisa lebih cepat memahami jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kita.

Itulah beberapa manfaat pentingnya ada sesi coffee break pada saat seminar atau pelatihan. Bagi Wakulovers yang ingin menyiapkan coffee break untuk acara kalian, bisa dengan mudah memesannya disini. Kalian bisa memesan coffee break disesuaikan dengan kebutuhan acara. Tidak perlu ragu lagi, percayakan coffee break kalian hanya pada Wakuliner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.