Alergi Udang? Kenali Gejalanya Berikut Ini!

Kuliner Nusantara
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Alergi merupakan salah satu reaksi tubuh terhadap suatu hal yang tidak cocok, bisa oleh makanan, debu, udara, binatang, dan sebagainya. Berbicara tentang alergi, banyak orang yang ternyata seringkali mengalami alergi udang. Makanan laut (seafood) yang dianggap lezat oleh beberapa orang, justru bisa membuat sebagian orang alergi.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Alergi Udang?

Alergi udang bisa terjadi karena adanya reaksi berlebihan dalam tubuh terhadap protein di dalam udang. Hal tersebut berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh kita dalam merespons kandungan protein di dalam seafood khususnya udang.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Adanya reaksi berlebihan itu, akhirnya tubuh menganggap protein udang sebagai sesuatu yang berbahaya bagi sistem imum, sehingga dengan cepat tubuh bereaksi memproduksi antibodi untuk menolak protein di dalam udah. Akibatnya, muncullah alergi yang biasanya ditandai dengan kulit tubuh gatal.

Gejala Alergi Udang

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Sebenarnya alergi udang pada setiap orang berbeda-beda, namun secara umum gejala alergi udang ditandai dengan:

1. Timbul Ruam pada Kulit

Gejala umum yang paling sering terjadi yaitu ruam pada kulit setelah mengonsumsi olahan udang. Ruam ini bisa terjadi langsung, atau beberapa jam setelah mengonsumsi udang. Biasanya ditandai dengan kulit tubuh berwarna merah hingga benjolan pada kulit.

2. Kulit Gatal

Alergi udang juga bisa menyebabkan gatal pada kulit, bisa seluruh tubuh maupun bagian tertentu seperti bibir, kaki, dan tangan, atau wajah. Sama seperti ruam, rasa gatal ini bisa ditimbulkan secara langsung atau selang beberapa jam bahkan beberapa hari setelah mengonsumsi udang. Cepat lambatnya timbulnya alergi tersebut tergantung respon sistem kekebalan tubuh kita.

3. Mual, Pusing, dan Sakit Kepala

Gejala lain yang mungkin ditimbulkan akibat alergi udang adalah perut mual, pusing, hingga sakit kepala. Jika kalian mengalami hal tersebut usai makan udang, kemungkinan besar kalian alergi terhadap udang. Apalgi hal tersebut terjadi, berhentilah makan udang dan periksa ke dokter jika kondisi semakin parah.

Itulah beberapa gejala alergi udang yang bisa terjadi jika kalian tidak cocok dengan olahan makanan yang terbuat dari udang. Walaupun udang dianggap sebagai makanan yang lezat, buat kalian yang alergi udang kalian tetap bisa menikmati menu makanan lain yang kalah lezatnya. Wakuliner sebagai platform katering kuliner menyediakan berbagai menu makanan, cobalah memesan paket nasi kotak ayam atau menu vegetarian yang cocok untuk makan siang acara di kantormu.

Wakuliner sudah terbukti berkualitas dengan meraih penghargaan sebagai Best e-Commerce Startup se-ASEAN di tahun 2019 ini. Dengan program kepedulian terhadap gizi anak-anak Indonesia, Wakuliner juga aktif dalam program Wakupeduli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.