Tahun Baru Imlek, Semoga Banyak Rezeki

Selamat Tahun Baru Imlek.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Malam ini adalah old and new bagi tahun baru Imlek. Selama ini berbagai macam ucapan menyambut tahun baru.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Kong xi fa cai. Bahasa cantonese Hongkong Artinya semoga banyak rezeki.

Chungkuo xi nien. Kiong hi. Adalah bahasa Mandarin. Artinya selamat tahun baru.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Bagi orang Tionghoa bedanya tahun baru dibandingkan Natal adalah pada saat Natal kita biasa melanjutkan deal atau memulai proyek. Tidak harus menunggu tanggal 3 Januari.

Bagi orang Tionghoa, jarang orang mau memulai meeting perdana sebelum besok tahun baru. Sesudah tahun baru, dianggap sebagai hoki baru, lembaran baru.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Walaupun sepanjang empat tahun Anda menangis, penuh kemalangan, tetap besok tahun baru saatnya rezeki kepercayaan bahwa orang Tionghoa, ketemu teman, ketemu sanak saudara adalah permulaan rezeki.

Apakah tahun baru Imlek benar membuka rezeki?

Ya, tentu saja. Mereka kirim pesan lewat Whatsapp kepada semua kenalannya, kiong hi. Salam hormat. Yang muda menghormati kepada yang tua. Tentu artinya hubungan baik, interaksi baik. Saling menolong. Memberi kebaikan.

Ada kisah seorang istri memiliki suami yang di-PHK. Istrinya memberi dorongan kepada suaminya. Terus menerus.

Tetangganya heran, kenapa kok sayang kepada suami korban PHK? Dia menjawab.

Suamiku adalah ladangku. Mungkin tahun ini tidak cocok musim kedelai. Tahun depan saya menanam padi. Tidak cocok musim padi, saya menanam pisang, jagung, bilamana saya terus memupuki, suami saya akan panen suatu saat. Suamiku adalah ladangku.

Mungkin tahun lalu Anda bingung terjepit, mungkin se-Indonesia dirundung masalah ekonomi. Tetapi Anda adalah ladang yang bilamana terus dipupuki, seperti suami istri tadi, akan panen pada suatu saat. Selalu ada secercah harapan.

Bilamana meleset, masih ada Idul Fitri, tetap yang muda menghormati kepada yang tua. Tentu artinya hubungan baik, interaksi baik. Saling menolong. Memberi kebaikan.

Demikian Tionghoa mendapatkan banyak kesempatan, Menjelang Natal diulangi lagi. Tahun baru Imlek lagi tiba yang muda menghormati kepada yang tua. Tentu artinya hubungan baik, interaksi baik. Saling menolong. Memberi kebaikan.
Kong xi fa cai
(Penulis: Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM, Alumni IPB Teknologi Pangan, dan Magister Manajemen Universitas Indonesia Lulus 1989)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.