Catatan Ringan: Pasang Surut Liga Italia Serie A

Pertandingan AC Milan kontra Inter Milan di Liga Italia Serie A
Sumber :
  • vstory

VIVA - Era 1990-an, Liga Italia Serie A sangat kompetitif dan memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar sepakbola seluruh dunia. Bagaimana tidak? Seluruh pemain top dunia bermain di Liga Italia.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Nama-nama besar, seperti Maradona (Argentina) yang baru saja berhasil membawa Argentina sukses menjadi juara dunia pada Piala Dunia 1986 Mexico didatangkan Napoli dengan rekor transfer sebesar 12 juta Lira.

Nama besar lainnya, seperti kapten timnas Jerman yang berhasil membawa negaranya juara dunia pada Piala Dunia 1990 di Italia Lothar Matthaus (Jerman) memperkuat Inter Milan.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Sementara trio Belanda yang kala itu (1988) berhasil membawa Belanda juara Eropa Ruud Guullit, Marco Van Basten, Frank Rijkaard memperkuat AC Milan.

Pemain-pemain Inggris yang berhasil membawa Inggris menjadi semi finalis Piala Dunia 1990, seperti Paul Gascoigne memperkuat Lazio. Dua rekannya, David Plaat dan Des Walker memperkuat Sampdoria.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Jangan tanya Brazil, Careca, Ronaldo, Ronaldinho, Cafu dan banyak lagi bintang Brazil yang memperkuat klub-klub Serie A. Demikian juga bintang Perancis, seperti Zinedine Zidane, Marcell Desailly, Patrick Vieira, Thierry Henry hingga David Trezeguet.  

Pokoknya hampir seluruh klub Liga Seria A kala itu diperkuat oleh pemain  bintang manca negara.

Jadi wajar bila nilai komersial Liga Serie A saat itu paling tinggi dibanding liga-liga lain di Eropa. (bagian 1 dari 2 tulisan) Bersambung ... (Lalu Mara Satriawangsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.