Catatan Ringan: Virus Corona Bagian Perang Kapital?

Apakah dunia akan jatuh di bawah kendali Amerika Serikat atau China?
Sumber :
  • vstory

VIVA - Apakah virus Corona menelan banyak korban jiwa? Tidak! Fatality rate-nya berkisar 2-3 persen, tapi gaungnya demikian luar biasa dan menghancurkan pasar keuangan dunia. Kenapa virus Corona mampu merubuhkan fundamental ekonomi dunia? Apakah virus Corona bagian dari perang kapital?

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

China sudah memberikan pernyataan resmi, bahwa virus Corona di Wuhan di duga dibawa oleh militer Amerika Serikat. Dugaan itu disampaikan secara terbuka.

Sebelum virus Corona merebak di saat masyarakat China menikmati liburan Imlek, tepatnya di bulan Oktober 2019, virus Corona ini sudah menjadi pembahasan dalam forum diskusi yang melibatkan berbagai ahli, media, senator dan sebagainya di Amerika Serikat. Forum yang diselenggarakan atas kerjasama Jhons Hopkins, World Economic Forum dan Bill & Melinda Gates foundation sudah memperkirakan akan terjadi pandemi virus Corona secara global.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Dan kemarin, World Health Organization (WHO) telah menetapkan virus Corona sebagai pandemi global. Badan kesehatan di bawah PBB ini berargumen, penyebaran virus Corona begitu cepat hingga ke wilayah-wilayah yang jauh di luar pusat wabah di Tingkok.

Apakah semua ini terjadi secara kebetulan? Tak ada yang kebetulan di dunia ini, semua pasti ada sebab musababnya.

Agenda setting media internasional jelas mengaitkan wabah virus Corona dengan ekonomi global. Akibatnya, bursa seluruh dunia bertumbangan. ISHG jatuh hingga di bawah level 5.000 dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah hingga Rp15 ribu per dollar.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Ini semua akibat dari agenda setting media internasional yang secara masif mempropagandakan virus Corona tersebut. Ditambah lagi kemajuan informasi dan teknologi yang demikian cepat menambah penyebaran propaganda tersebut menusuk psikologis pengguna media sosial. Kepanikan dan ketakutan tercipta secara langsung. Semuanya hilang nalar, impulsive.

Asset-asset bagus di seluruh dunia harganya jatuh ke titik terendah. Lantas siapa yang akan memetik keuntungan atas kejatuhan ekonomi bursa global? Ya, pastinya orang, lembaga dan negara yang memiliki kapital kuat.

Jadi virus Corona ini bisa disimpulkan sebagai bagian dari perang kapital. Apakah dunia akan jatuh di bawah kendali Amerika Serikat? Ataukah kebijakan dunia akan jatuh di bawah kendali China. Kita tunggu akhir dari perang kapital ini.

Yang pasti China memiliki jurus pamungkas, membuka jendela dan memandang rembulan. (Lalu Mara Satriawangsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.