Anies Baswedan, Dipuji Tidak Terbang, DIcaci Tidak Tumbang

Sumber: https://www.instagram.com/p/B8WJPppg7DK/?igshid=1lzja9skltzjv
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sosok Anies Baswedan memang mengundang beragam tanggapan, sejak awal kepemimpinannya menggantikan gubernur yang kontroversial Basuki Tjahaja Purnama yang kondang disapa Ahok.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Anies kerap kali menuai beragam cercaan dan kerap dibandingkan kinerjanya dengan mantan gubernur Jakarta Ahok,  hal ini disebabkan oleh gaya kepemimpinan Anies yang dinilai lemah dan labil.

Masih lekat di ingatan beberapa hal kontroversial yang membuat Anies dicerca seperti pada saat Anies mengatasi aroma limbah kali item jelang Asian Games dengan kain jaring hitam yang dibentangkan sepanjang 689 meter Anies berharap hal ini akan memperlambat proses evaporasi sehingga aroma limbah tidak tercium (Tim VIVA, 2018).

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Atau kebijakan yang maju mundur mengenai ganjil-genap bagi kendaraan bermotor yang dicabut-pasang sehingga membuat masyarakat kebingungan dan resah (Dirhantoro, 2019), hingga anggaran lem aibon yang berjumlah fantastis  (Hapsari, 2019) dan yang tak bisa dilupakan tragedi banjir 1 januari 2020 merupakan awal tahun yang sangat menyedihkan bagi sebagian warga Jakarta pasalnya banjir ini merupakan banjir yang paling parah selama beberapa tahun terakhir, meski bukan kesalahan Anies seutuhnya masyarakat dan netizen menyerang dan menyalahkan Anies (Tim VIVA, 2020).

Meskipun dirundung cercaan Anies Baswedan tetap kokoh menjadi leader ditengah keadaan ibukota yang semakin kemelut, pada tanggal 2 maret diumumkannya pasien COVID-19 pertama di Indonesia.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Meskipun domisili pasien di Kota Depok, Anies meyakini penularannya terjadi di Jakarta tepatnya di Restoran Amigos, Kemang (Sihite, 2020).

Pada tanggal 28 Maret, Anies meminta pemerintah melakukan lockdown namun ditolak oleh pemerintah pusat dan akhirnya muncul istilah Physical Distancing yang merupakan pedoman jaga jarak yang sekarang diubah menjadi Social Distancing (Asmara, 2020).

Selain mengajukan lockdown Anies juga mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada tanggal 4 april dan diberlakukan di Jakarta sejak 10 april, PSBB juga ditiru dan dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia. Tidak sampai disitu Anies juga menghentikan bis antar kota untuk beroperasi dan melarang mudik hal ini ditujukan agar masyarakat dari zona merah Jakarta tidak keluar dan menyebarkan COVID-19 ke daerah lainnya (Tim VIVA, 2020).

Kebijakan Anies yang sangat tanggap terhadap penekanan penyebaran COVID-19 menuai pujian yang begitu besar dari kalangan masyarakat hingga petinggi negeri.

Seorang pemimpin memang tidak akan lepas dari pro dan kontra, suka dan tidak suka disitulah tantangan bagi seorang pemimpin untuk terus memperbaiki dirinya.

Berdasarkan teori tipe gaya kepemimpinan yang dikemukanan oleh Gary Yukl, Anies Baswedan memiliki gaya kepemimpinan partisipatif di  mana selalu mendorong masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam membangun ibukota dan selalu dengan lapang menerima kritik dan saran.

Oleh sebab itu Anies tetap kokoh dan fokus memimpin ibukota di tengah berbagai isu yang menimpanya, Anies juga menekankan motonya bahwa ”Pemimpin itu harus tulus. Ketika dipuji dia tidak terbang, ketika dicaci dia tidak tumbang”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.