Bahaya Pemakaian Masker Berbulan-bulan, Apa Itu Hypercapnia?

Ilustrasi pabrik pembuatan masker.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Hypercapnia atau hypercarbia, adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak karbon dioksida (CO 2 ) dalam aliran darah Anda. Ini biasanya terjadi sebagai akibat dari hipoventilasi, atau tidak dapat bernapas dengan baik dan mendapatkan oksigen ke paru-paru Anda. 

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan oksigen segar yang cukup atau menghilangkan CO 2, Anda mungkin perlu megap-megap atau tiba-tiba menghirup banyak udara untuk menyeimbangkan kadar oksigen dan CO 2 Anda .

Ini tidak selalu memprihatinkan. Misalnya, jika pernapasan Anda dangkal ketika Anda tidur nyenyak, tubuh Anda secara naluriah bereaksi. Anda mungkin membalikkan tempat tidur atau tiba-tiba bangun. 

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Tubuh Anda kemudian dapat melanjutkan pernapasan normal dan mendapatkan lebih banyak oksigen ke dalam darah.

Hypercapnia juga bisa menjadi gejala kondisi mendasar yang memengaruhi pernapasan dan darah Anda.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Bahaya pemakaian masker berbulan bulan

Seperti misalnya di BSD Bumi Serpong Damai ada 1500 outsource security diwajibkan memakai masker. Alih-alih disediakan masker, mereka disuruh pakai masker sendiri.

Akibat berbulan-bulan bisa menderita hipercapnia atau penyakit kelebihan CO2 akibat menghirup napas sendiri.

Rahayu, estate manajer BSD mengatakan penggunaan masker tidak dua bulan berturut-turut, tapi bergantian tiap dua hari. Ya mungkin itu prosedurnya. Tapi siapa yang mengontrol pelaksanaannya?

Beberapa anak sekolah pingsan setelah berlari menggunakan masker. Beberapa pengendara kecelakaan akibat tertidur akibat kurang oksigen memakai masker.

Apalagi security bisa tertidur saat jaga malam risiko hipercapnia membahayakan diri. (Penulis: Ir. Goenardjoadi G, MM. kadiv ekonomi NSI Nawacita Sosial Inisiatif)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.