Mengapa Hari Libur di Indonesia pada Hari Minggu?

Minggu adalah hari libur
Sumber :
  • vstory

VIVA – Liburan adalah waktu yang sangat dinanti oleh kita. Karena liburan merupakan waktu berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Bisa diisi dengan pergi ke suatu tempat untuk bertamasya dan bercanda penuh gelak tawa.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Apalagi, untuk mereka yang bekerja rutin setiap hari, merasa bosan, jenuh, lelah dan kecapaian. Mereka membutuhkan waktu untuk relaksasi agar membuat mereka merasa segar dan bersemangat kembali untuk bekerja dan melakukan rutinitas sehari-hari lainnya.

Oleh karena itu, hari libur sangat penting untuk kehidupan mereka. Dengan hari libur bisa diisi dengan liburan yang menyenangkan dan mampu memberikan energi positif untuk kembali beraktivitas.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Faktanya hari libur rutin di setiap tempat berbeda-beda. Di Timur Tengah hari libur jatuh pada hari Jumat. Karena menurut mereka hari Jumat adalah hari terbaik dibanding hari yang lain. Dengan diliburkannya hari Jumat, orang-orang bisa lebih fokus menjalankan ibadahnya.

Beda lagi dengan bangsa Yahudi di Israel. Mereka memutuskan libur pada hari Sabtu karena pada hari itu merupakan hari ibadah bagi mereka.

Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Kenapa di Indonesia hari libur jatuh pada hari Minggu dan tanggal merah? Ternyata mayoritas negara di dunia melakukan hal yang sama libur rutin pada hari Minggu dan tanggal merah. Sejarahnya bermula dari satu bangsa yaitu bangsa Romawi Kuno.

Zaman dahulu bangsa Romawi Kuno menguasai negara-negara di Eropa yaitu Belanda, Inggris dan Prancis. Bangsa Romawi Kuno menerapkan kebiasaannya di negara-negara yang dikuasainya termasuk kebiasaan hari libur.

Selain itu bangsa Romawi Kuno mempunyai kebiasaan untuk menandai hari libur dan hari penting lainnya dengan warna merah. Oleh karena itu, hari libur sering ditandai dengan warna merah.

Belanda menjajah Indonesia selama tiga setengah abad. Oleh karena itu, sampai sekarang negara Indonesia terbiasa melakukan hari libur pada hari Minggu dan tanggal-tanggal merah lainnya.

Ternyata bangsa Romawi Kuno mempunyai peran besar terhadap perkembangan kebiasaan hari libur di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Walaupun Indonesia tidak pernah dikuasai Romawi Kuno tetapi Indonesia lama dijajah Belanda, negara yang dikuasai Romawi Kuno sebelumnya.

Jika bangsa Romawi Kuno tidak menguasai Belanda dan Belanda tidak menjajah Indonesia mungkin Indonesia mempunyai kebiasaan hari libur yang berbeda dari sekarang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.