Manfaat Ikut Pelatihan Barista, Pra Kerja Wajib Coba

pentingnya ikut pelatihan barista bagi prakerja
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tahukah Anda, bila Indonesia merupakan negara pengonsumsi kopi terbesar kedua di dunia dengan total 4,55 juta karung kopi (berukuran 60kg)? Tak ayal, kopi jadi komoditi yang sangat menguntungkan dalam dunia bisnis.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Tentunya ini adalah salah satu peluang bagi Anda yang sedang mencari kerja, atau pekerja yang terdampak akibat pandemi seperti saat ini, dan terkhusus bagi peserta program kartu pra kerja untuk mendapatkan penghasilan memanfaatkan komoditi kopi. Bahkan, selain mendapatkan pendapatan juga bisa membuka lapangan kerja.

Menjadi barista dan mengelola usaha warung kopi adalah beberapa profesi yang bisa dijajal dengan peluang dan pangsa pasar kopi saat ini. Terlebih lagi usaha mikro pada sektor kuliner, sudah teruji selama krisis yang melanda perekonomian beberapa tahun terakhir.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Namun, tentu saja Anda tidak bisa serta merta menjadi barista profesional atau pemilik kedai kopi kekinian kelas atas bila anda belum pernah melakukannya.

Manfaat Mengikuti Pelatihan Barista

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Agar siap menjadi barista dan mampu mengelola, sekaligus mengembangkan usaha gerai kopi racikan sendiri adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, misalnya pelatihan barista dan kursus bisnis kedai kopi.

Apa manfaat buat Anda bila mengikuti pelatihan barista?

1. Pengetahuan Seluk Beluk Kopi

Apakah Anda tahu apa saja jenis-jenis kopi yang ada di dunia? Tahukah Anda perbedaan dari masing-masing jenis kopi tersebut? Lalu, apa bedanya kopi buatan manual dengan kopi kemasan?

Di kursus barista Anda akan mendapatkan banyak informasi tentang sejarah dan seluk beluk kopi yang selama ini hanya ada ketahui ceritanya secara turun temurun.

2. Memahami Berbagai Aroma dan Karakter Kopi

Di kursus barista Anda juga akan mendapatkan pengetahuan mengenali macam-macam aroma kopi serta karakter dari setiap jenis kopi. Anda juga akan dibekali teknik bagaimana mengenali karakter dari setiap aroma kopi tersebut.

3. Terampil dalam Meracik dan Membuat Kopi

Ini yang paling penting, yaitu bagaimana barista dapat membuat racikan dan seduhan kopi aromatik yang punya ciri khas. Melalui kursus barista, peserta dapat mempelajari sekaligus mempraktikkan cara membuat kopi manual dan membuat kopi menggunakan mesin.

Anda juga akan mendapatkan keterampilan membuat kopi dengan mesin yang selama ini hanya bisa Anda lihat di televisi, atau ketika nongkrong di coffee shop.

4. Dapat Ilmu Tentang Bisnis Kopi

Tidak sedikit kursus-kursus bertema kewirausahaan di gelar saat ini, namun pada pelatihan tertentu tentang kebaristaan ada materi yang khusus membahas peluang dan pengembangan usaha warung kopi. Bagaimana memulainya, bagaimana menganalisa untung ruginya, serta bagaimana mengelola gerai kopi hanya dengan modal tipis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.