Menjadi Blogger dan Dapat Uang dari Menulis

Penulis dan istri, sama-sama blogger (dok Nur Terbit)
Sumber :
  • vstory

VIVA -- Tak pernah terbayangkan sebelumnya bisa jadi blogger dan bergabung dengan komunitas guru dan para blogger. Itu terjadi 9 tahun silam, Senin 26 Desember 2011.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Meski latar belakang saya seorang jurnalis (wartawan) yang setiap hari bergelut dengan penyusunan kata-kata melalui komputer, namun secara jujur masih asing dengan dunia blog.

Itu bermula saat secara kebetulan membuka facebook dan menemukan segudang kegiatan dari Komunitas Bloger Bekasi bekerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota/Kabupaten Bekasi.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Mulai dari pelatihan pembuatan blog guru hingga seminar tentang guru tangguh berhati cahaya. Keduanya berlangsung di ruang rapat Pemkot Bekasi.

Begitulah awal perkenalan itu. Maka ketika kegiatan berikutnya digelar di Purwakarta, saya tidak buang-buang waktu lagi dan ikut mendaftar sebagai peserta. Pagi-pagi, saya sudah meluncur ke Islamic Center Bekasi bersama isteri yang kebetulan seorang guru TK.

Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Sesaat kemudian, saya sudah bergabung dengan sejumlah 120 guru TK, SD, SMP, SMA dari berbagai sekolah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Karawang.

Kami mengikuti pelatihan calon pelatih bidang teknologi informasi dan komunikasi (Training of Trainer Information Comunication Teknologi - TOT ICT) di Indosat Training and Conference Center (ITCC), Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, digelar hasil kerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota/Kabupaten Bekasi, Komunitas Blogger Bekasi BloggerBekasi.com) dengan Indosat.

Selama pelatihan, peserta menerima materi dan praktik berkaitan dengan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di sekolah.

"Kami dari kalangan guru sangat berterima kasih, bisa menambah wawasan mengenai ICT yang selama ini belum kami pelajari. Insya Allah ilmu ini sangat berguna untuk ditularkan baik kepada sesama guru, juga terutama kepada anak didik," kata istri saya yang sehari-hari guru TK.

Penasehat Komunitas Blogger Bekasi dan IGI Kota/kabupaten Bekasi Wijaya Kusumah (Omjay) mengatakan, ke-120 guru dari wilayah Bekasi dan sekitarnya yang mengikuti training ini, adalah peserta training lanjutan setelah sebelumnya mereka mengikuti pelatihan blog di Islamic center dan kantor Pemkot Bekasi beberapa waktu lalu.

"Semua kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Diharapkan para guru dapat memanfaatkannya blog dan jejaring sosial dalam dunia pendidikan," kata Omjay.

Materi lainnya yang diberikan "Sekolah Berbasis ICT dan Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran" oleh Dr Sony Trilaksono dan Agus Sampurno, "Creative Blogging With Indosat Pustekkom" oleh Elga Yulwardian dan Endy J Kurniawan Hasan, "Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif" oleh Dedi Dwitagama dan Wijaya Kusumah.

Esok harinya, peserta diberikan materi "Pemanfaatan sosial Media dan Domain Berbayar" oleh Ajeng dan Masim Vavai Sugianto, dilanjutkan "Praktek Blog Berbasis Wordpress" disampaikan Irfan Zj dan Yulef.

Itulah kenangan saya awal pertama kali mengenal dunia blog dan menjadi blogger. Alhamdulillah saya dan istri, bahkan belakangan putri bungsu saya, juga ikut terkena "virus" nge-blog.

Kami bertiga hampir setiap hari menulis. Menulis apa saja. Terutama di blog dan media sosial. Berbagai lomba menulis juga kami ikuti, di antaranya sempat meraih hadiah sebagai juara.

Menjadi blogger dan menulis di blog, memang tak ada ruginya. Berbagi pengalaman, memperluas jaringan dan mendapatkan rupiah dari hasil menulis. Selamat Hari Blogger Nasional 27 Oktober (Nur Terbit)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.