Pemanfaatan E-commerce sebagai Media Pemasaran di Era Pandemi

Ilustrasi E-Commerce
Sumber :
  • vstory
<
Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat
p>
Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?
VIVA
– Jumlah transaksi jual beli pada perdagangan elektronik (e-commerce) meningkat drastis di tengah pandemi virus corona atau covid-19. Hal ini terjadi karena perubahan pola belanja masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya di tengah pandemi. Sebab, mobilitas masyarakat di tengah pandemi dibatasi oleh pemerintah untuk menekan penyebaran virus.
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Pertumbuhan e-commerce naik pesat karena perubahan perilaku konsumen yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja online terutama di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Melihat peningkatan transaksi tersebut, penting bagi para pelaku usaha di era pandemi ini untuk beradaptasi mengatasi penurunan transaksi penjualan secara langsung (offline) dengan pemanfaatan e-commerce agar usaha tidak merugi dan dapat terus berkembang.

E-commerce merupakan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan dan konsumen membeli dan menjual barang melalui internet. Alasan mengapa periklanan pada e-commerce berkembang demikian pesat, yang pertama adalah iklan dapat diupdate setiap waktu dengan biaya minimal, oleh karena itu iklan-iklan di intenet selalu bisa tampil baru.

Iklan bisa menjangkau pembeli dalam jumlah besar dalam skala global. Ketiga, iklan online lebih terjangkau dibandingkan iklan televisi, koran atau radio. Selajutnya, iklan pada e-commerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik dan animasi.

Manfaat yang dapat dirasakan oleh konsumen saat menggunakan e-commerce di antaranya dapat melayani transaksi 24 jam hampir di setiap lokasi, memberikan banyak pilihan pada pelanggan, menyediakan produk yang murah dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan pembandingan, pengiriman menjadi cepat, dapat berinteraksi denagn pelanggan lain dan memudahkan persaingan.

Manfaat e-commerce bagi masyarakat yaitu memungkinkan untuk bekerja di rumah, dapat menikmati produk atau jasa yang sulit dipasarkan, memfasilitasi layanan publik seperti perawatan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Dengan adanya berbagai keuntungan e-commerce, maka sangat disarankan bagi para pelaku usaha untuk memanfaatkan e-commerce sebagai media pemasaran di era pandemi ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.