Peran SDM dalam Pasar Persaingan Global

Peran SDM dalam Pasar Persaingan Global
Sumber :
  • vstory
<
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik
p>
Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik
VIVA
– Dimulainya era revolusi indusri 4.0 membuat semua negara harus siap untuk berkompetensi. Tidak terkecuali, di Indonesia. Tidak hanya cukup di sektor infrastuktur, kemajuan di Indonesia harus didukung dengan peningkatan kualitas di sektor SDM.
Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Hal ini mengingat dunia semakin tajam dan perang dagang antar negara yang semakin ketat. Peran SDM dinilai sangat penting di era evolusi industri 4.0. Dengan mengacu pada era revolusi industri 4.0, maka diperlukannya strategi yang tepat yaitu dengan mempertimbangkan aktivitas manajemen antara lain.

  1. Dalam melakukan rekrutmen perlu seleksi berdasarkan faktor kemampuan, memiliki kepribadian yang positif, memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja. dan nilai-nilai yang menunjang misi, visi strategi masa depan
  2.  Orientasi berdasarakan budaya yang dimilki perusahaan
  3.  Pelatihan dan pengembangan
  4.  Penilaian Prestasi

Dalam meningkatkan performance, perusahaan perlu melakukan rightsizing agar fleksibilitas SDM dapat tercapai serta mencapai tujuan perusahaan . Berdasarkan dengan keterkaitan strategi bisnis dan strategi SDM

Perusahaan yang lebih memilih pada spesialisasi jabatan cenderung merekrut fresh graduate kemudian diarahkan dan dibina menjadi spesialis pada pekerjaan tertentu. Pelatihan intensif diberikan pada para recruitees, biasanya di jalur karier yang jelas biasanya direncanakan dengan seksama.

Maka itu, Setiap sektor dalam perekonomian Indonesia perlu untuk meningkatkan kualitas SDM guna mampu bersaing dalam era revolusi industri 4.0 yang sedang berjalan ini. Kita juga harus memanfaatkan revolusi indrri ini untuk melakukan ekspor produksi dalam negeri sehingga dapat meningkatkan pedapatan ekspor negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.