Harapan di Balik Kemegahan Masjid Impian

Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ground breaking Masjid hadiah untuk Presiden Joko Widodo dari Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan akan dimulai dilaksanakan, Sabtu 6 Maret 2021. Masjid yang dibangun di Solo ini desainnya juga akan mengikuti Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Video Detik-detik Muazin Mengubah Lafaz Azan saat Hujan Badai di Dubai, Serukan Sholat di Rumah

Masjid Agung Solo ini akan dibangun di lahan bekas Depo Pertamina, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Berada di lahan seluas 3 hektare. bisa menampung 12 ribu jamaah.

Waktu pembangunan direncanakan maksimal 3 tahun, tapi bisa kurang dari itu. Dengan menelan biaya diperkirakan sebesar Rp 5,7 Triliun. Bisa dibayangkan pasti betapa megahnya masjid ini nantinya.

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?

Di Indonesia sendiri ada banyak masjid megah dan dibangun dengan sangat mewah serta menghabiskan biaya banyak. Sayangnya belakangan ini masjid-masjid itu tidak bisa lagi dinikmati oleh jamaah sebagai tempat ibadah. Di masa pendemi ini banyak masjid-masjid mewah yang ditutup. Rumah Allah yang tidak menerima tamu Allah.

Sangat disayangkan jika masjid mewah dibatasi aktivitas-nya. Bukankah masjid dibangun sebagai rumah Allah yang disediakan untuk tamu-tamu Allah mendekatkan diri pada Allah? Sudah seharusnya sebuah masjid dibuka selama 24 jam. Bukankah Allah juga membuka dirinya untuk makhluknya selama 24 jam tanpa pernah libur.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Seringkali terlihat setelah selesai salat Isya masjid buru-buru ditutup seolah takut semua isinya akan hilang atau dimasuki oleh orang-orang yang tidak dikenal. Jadi sebenarnya masjid dibangun untuk apa? Hanya untuk salat 5 waktu sajakah? Atau untuk pamer kemegahan?

Masjid impian adalah masjid yang terbuka bagi siapa saja dan kapan saja. Tanpa pernah tertutup dan akan ada kapanpun setiap manusia ingin datang untuk bermunajat dengan Tuhannya. Jadi akan sangat disayangkan kalau masjid yang megah tidak dibuka 24 jam.

Karena masjid adalah rumah Allah maka seharusnya sebuah masjid juga memuliakan tamu-tamu Allah. Layaknya tamu, setiap yang datang ke masjid setidaknya disuguhkan minuman bahkan makanan. Akan sangat menyenangkan kalau masjid dibuat nyaman sehingga orang-orang betah beribadah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.