The Phenomenon, Sebuah Fenomena: Melacak Jejak BLBI

Ilustrasi BLBI (foto/reqnews)
Sumber :
  • vstory

VIVA - Melacak jejak bank-bank penerima pinjaman. Berikut daftar pengusaha penerima dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI):

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

1. Agus Anwar (Pemilik Bank Pelita)

2. Hashim Djojohadikusumo (Bank Papan Sejahtera, Bank Pelita, dan Istimarat)    

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

3. Samadikun Hartono (Bank Modern)    

4. Kaharuddin Ongko (Bank Umum Nasional)    

Kejar Obligor BLBI, Sri Mulyani Bakal Bertemu Menkopolhukam Hadi

5. Ulung Bursa (Bank Lautan Berlian)    

6. Atang Latief (Bank Indonesia Raya)    

7. Lidia Muchtar (Bank Tamara)    

8. Omar Putihrai (Bank Tamara)    

9. Adisaputra Januardy (Bank Namura Yasonta)    

10. James Januardy (Bank Namura Yasonta)    

11. Marimutu Sinivasan (Bank Putera Multikarsa)    

12. Santosa Sumali (Bank Metropolitan dan Bank Bahari)    

13. Fadel Muhammad (Bank Intan)    

14. Baringin MH Panggabean (Bank Namura Internusa)    

15. Joseph Januardy (Bank Namura Internusa)    

16. Trijono Gondokusumo (Bank Putera Surya Perkasa)    

17. Hengky Wijaya (Bank Tata)    

18. Tony Tanjung (Bank Tata)    

19. I Gde Dermawan (Bank Aken)    

20. Made Sudiarta (Bank Aken)    

21. Tarunojo Nusa Wijaya (Bank Umum Servitia)   

22. David Nusa Wijaya (Bank Umum Servitia)

23. Liem Sioe Liong/Anthony Salim/Salim Grup (Bank Central Asia)

24. Mohammad 'Bob' Hasan (Bank Umum Nasional)

25. Sjamsul Nursalim (Bank Dagang Nasional Indonesia/BDNI)

26. Sudwikatmono (Bank Surya)

27. Ibrahim Risjad (Bank Risjad Salim Internasional)

28. Bambang Trihatmodjo (Bank Alfa)

29. Suryadi/Subandi Tanuwidjaja (Bank Sino)

30. Keluarga Ciputra (Bank Ciputra)

31. Aldo Brasali (Bank Orient)

32. Sofjan Wanandi (Bank Danahutama)

Apa itu BLBI?

BLBI merupakan skema bantuan (pinjaman) yang diberikan pemerintah melalui Bank Indonesia (BI), kepada bank-bank yang mengalami masalah likuiditas pada saat terjadinya krisis moneter 1998 di Indonesia.

Skema dilakukan berdasarkan perjanjian Indonesia dengan IMF dalam mengatasi masalah krisis. Pada bulan Desember 1998, BI telah menyalurkan dana bantuan sebesar Rp147,7 triliun kepada 48 bank.

Ironisnya, dana BLBI justru banyak yang diselewengkan oleh penerimanya. Proses penyalurannya pun terindikasi terpapar penyimpangan. Hal itu diketahui saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit dan menemukan potensi kerugian negara sebanyak Rp 138 triliun.

Sederet bankir kemudian menjadi terpidana kasus penyelewengan dana tersebut, termasuk tiga mantan Direktur Bank Indonesia, yakni Paul Sutopo Tjokronegoro, Hendro Budiyanto, dan Heru Supratomo.

Ketiganya kemudian mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang setelah Mahkamah Agung memvonis mereka masing-masing 1,6 tahun penjara. Mereka terbukti bersalah dalam penyaluran Bantuan Likuditas BI.

Sementara itu, dari pihak penerima aliran dana, nama-nama seperti David Nusa Wijaya, Samadikun Hartono, Atang Latif, dan Agus Anwar, sempat menjadi tersangka dan terpidana dalam kasus mega korupsi itu. Beberapa diantara mereka ada yang benar-benar menjalani hukuman, atau justru memilih menjadi buronan dengan melarikan diri ke luar negeri.

Sedangkan sisanya, ada yang tidak diperiksa sama sekali dan ada pula yang penyelidikannya dihentikan karena kurangnya alat bukti.

Ini mengurai simpul ruwetnya jejak BLBI. Saking ruwetnya, ditambah 50 buronan BLBI, menjadikan skandal BLBI ini menjadi the phenomenon, sebuah Fenomena. Penjelasan singkat ini merupakan 40% mengurai dari daftar 32 Bank penerima BLBI. Tanpa uraian dari buku supremacy kapital, sebuah mission impossible bagi pemerintah mengendalikan kekuatan skandal BLBI, selamanya pemerintah menjadi cacat tersandera.


Dari bawah

Melacak jejak BLBI itu jangan menggunakan logika tetapi gunakan pembuktian terbalik. Dengan demikian jangan melacak dari atas tetapi dari bawah.
Jangan melacak dari perusahaan yang sudah mati namun dilacak dari perusahaan yang masih hidup. Disebut Genealogy atau Riwayat asal usul atau silsilah. Oleh karena itu teks ini bukan merupakan barang bukti dan pembuktian. Namun sekedar pelacakan atau perunutan.

Logikanya, bila mengemplang BLBI kok bisa perusahaan bertahan hidup?
Bagaimana caranya penerima BLBI mengecoh jejak mereka dari skandal BLBI?
Menggunakan cara-cara pendapat umum seolah-olah perusahaan menjalani operasi secara legal. Misalnya Bank BCA. Bank Mega.

Semua ijin ijin pihak pengawasan OJK dan Bursa efek meloloskan. Pada tatanan pendapat umum, perusahaan berjalan lancar, sampai kemudian ada gejolak seperti TPI rebutan.

Dengan asumsi operasi perusahaan berkelanjutan. Tidak ada keraguan atau jeda. Misalnya pengembang Properti, proyek-proyek berjalan.

Seolah-olah konglomerat wajar melakukan ekspansi. Tanpa disadari bahwa pihak pelaku berbeda silsilah dari keluarga inti sebelumnya. Misal, Wings group detergent aslinya adalah keluarga Tan. Sedangkan Wings food dipimpin oleh Teddy. beda.

Saking ketat nya mereka menyimpan rahasia bahkan anak anak nya pun tidak mengerti duduk permasalahan. Oleh karena itu sebelumnya anda bisa mencoba mencerna, anda perlu kondisi bebas, jangan terikat oleh tatanan.

Misalnya nomor terakhir Bank Danautama Sofyan lolos dari penerima BLBI dengan dalih berlindung kepada Jusuf Kala. Jabatan beliau terakhir staf khusus Wakil presiden 2014- 2019.

Konglomerat penerima BLBI berikutnya adalah Bank Ciputra. Beliau lolos dari kebangkrutan penerima BLBI yaitu dengan proyek-proyek kerjasama dengan pemilik lahan. Jadi seolah-olah perusahaan memiliki banyak proyek-proyek dengan banyak Pemilik lahan.

Proyek terbesar Ciputra Development yaitu adalah PT Ciputra Residence dengan kerja sama dengan Hanson international, dengan lahan 2.700 hektar di Citra Raya Maja.

Dengan logika pembuktian terbalik, kenapa Ciputra development sebagai Top penjualan nomor satu developer tahun 2020 kok menggandeng perusahaan Hanson international yang pailit?

Hanson international sudah pailit tgl 31 Agustus 2020 sudah berjalan 8 bulan tidak ada tanda tanda PT Ciputra Residence mengambil tindakan lepas dari kepailitan Hanson international.

Pembahasan selanjutnya adalah nomor 26-28 yaitu Bank RSI, Bank Surya.Perusahaan yang menerima BLBI tersebut berganti nama menjadi Global TV, Global mediacom dan Bank Mega. Adapun bank tersebut sekarang sebagian 37% sudah kembali di buy back oleh Salim.

Kaitan selanjutnya adalah nomor 23-24 nah yang ini agak ruwet, namun jejak kepailitan Bank Umum Nasional berupa tanah di parung berganti kulit menjadi Inagro dari Group Kalbe.

Group Kalbe kemudian juga berbesan dengan Group Saratoga. Pernah tahun 2015 Kalbe Farma diguncang oleh skandal tertukarnya obat anesthesia mereka di RS Siloam Karawaci. Akibatnya 20 nomor pendaftaran BPOM produk sempat dibatalkan BPOM. Akhirnya saham Kalbe Farma sebagian diambil oleh Edwin.

Group Saratoga ini paling ilusif, tidak mengemuka walaupun masuk terbesar di Indonesia, dipimpin oleh cucu pak William Soerjadjaja. Group Saratoga juga memiliki grup rumah sakit Primaya.

Kenapa skandal BLBI ini bersambung menjadi Gurita anggaran BPJS karena skalanya yang kedua ini jauh lebih kuat berlipat lipat dibandingkan BLBI.

Dengan demikian jejak mereka berlanjut

Dengan pembuktian terbalik, kita pun bertanya, kenapa sekarang bahkan Menteri Terawan tidak bisa masuk ke dalam anggaran BPJS.

Istilahnya kata urang sunda, jangan mengurus ikan yang sudah mati melainkan ikan hidup. Karena ikan yang sudah mati tidak bisa diapakan.

Sehingga menggunakan logika pembuktian terbalik selanjutnya. Yang paling mengecoh diantara daftar Bank penerima BLBI adalah Bank BCA karena ada 50 Bank lainnya merger, atau ditutup, hanya BCA yang bertahan. Namanya tetap.

Group lainnya Salim group adalah Bank BCA , berubah menjadi milik Djarum. Saat ini seluruh direktur BCA melepaskan saham mereka.

UIC PT Unggul indah corporations bidang bahan baku detergent, berubah menjadi Wings food, bergerak ke Yoshinoya, Top coffee, Mie sedap, real estate, gypsum, keramik, semen, dll

Indomobil sudah berpindah tangan dan kembali di buy back Salim PT Bimantara menjadi Global mediacom. Presiden direktur MNC group akhir akhir ini resign.Skandal ini melibatkan orang terkaya di Indonesia. Mereka dari grup Djarum.

Gurita anggaran Gula

Selain itu skandal raksasa ikutan atau lanjutan dari BLBI adalah permainan Gurita anggaran Gula melibatkan orang terkaya pabrik rokok terbesar. Kasus ini sedang dalam penetapan terpidana meliputi Piko, dihukum 18 bulan, Direktur PTPN nusantara holding, dll.

Logika pembuktian terbalik selanjutnya. Anda pun sudah menebak. Sehingga sekarang konglomerat memegang kekuasaan sebagai Supremasi Kapital. (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM, Alumni IPB Teknologi Pangan, dan Magister Manajemen Universitas Indonesia Lulus 1989)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.