Pentingnya Literasi Keuangan bagi Masyarakat

Ilustrasi keuangan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Literasi keuangan sangatlah penting bagi masyarakat, maka dari itu edukasi financial dijadikan sebagai alat mengatasi rendahnya permasalahan pengetahuan tingkat pengelolaan keuangan masyarakat. Edukasi financial sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat dalam mengatur keuangannya baik keuangan pemerintahan, masyarakat, keluarga, maupun pribadi.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Literasi keuangan berkaitan dengan pengelolaan keuangan (financial management) dimana semakin rendah tingkat literasi keuangan seseorang maka semakin tidak baik pula pengelolaan keuangannya begitu pula sebaliknya. Konsep Pengelolaan keuangan (financial management) Pada level individu yaitu pengelolaan keuangan pribadi.

Pengelolaan keuangan pribadi adalah hal yang sangat penting, dikarenakan dapat mengurangi masalah tentang keuangan yang bisa terjadi. salah satu caranya dalah dengan melek literasi keuangan. Di mana menganalisis pembelajaran pengelolaan keuangan dari tahapan keluarga bisa diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari, cara menganalisis pengelolaan keuangan secara pribadi dengan cara mengidentifikasi permasalahan keuangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Ukuran literasi keuangan mengidentifikasi sumber daya manusia yang diperlukan untuk terlibat dalam perilaku keuangan yang tepat karena perilaku keuangan yang tepat dapat menjauhkan seseorang dalam eksternalitas negatif yang memengaruhi kesejahteraan keuangan seseorang.

Seseorang yang berkeinginan hidup sejahtera dalam keuangannya tidak hanya harus memiliki literasi keuangan yang tinggi saja, melainkan juga harus mempunyai skill yang baik dalam mengelola keuangan.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Faktor yang memengaruhi literasi keuangan adalah pengetahuan pengelolaan keuangan keluarga. Keluarga merupakan pendidikan awal bagi setiap anak yang ada di dunia. Sikap dan perilaku seorang anak juga sangat bergantung pada apa yang tercermin dan di ajarkan pada keluarga tersebut.

Salah satu hal yang dapat diajarkan yakni cara pengelolaan keuangan yang diterapkan dalam keluarga tersebut. Sehingga, orang tua memiliki peranan penting dalam proses sosialisasi literasi keuangan pada generasi muda yang akan diterapkan di kemudian hari.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan pihak yang menawarkan paket umrah dan haji khusus dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.