7 Tips Mendapatkan Teman Baru Saat Sekolah Online

Ilustrasi sekolah online.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tahun ajaran baru 2021/2022 di sekolah sudah mulai dilaksanakan. Melonjaknya angka penularan COVID-19,  membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mengeluarkan aturan pembelajaran kepada siswa selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang dimulai pada Sabtu 3 Juli 2021 sampai Rabu 20 Juli 2021.

Terkuak! Kebiasaan Mengerikan Ibu Muda Jambi Jika Hasrat Seksualnya Tak Terpenuhi

Selama penerapan PPKM darurat, seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah dilakukan secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal tersebut menjadikan para siswa terpaksa harus sekolah secara online. Sekolah online atau sekolah daring adalah proses pembelajaran yang secara menyeluruh atau sebagian besar menggunakan metode virtual. Artinya, tidak perlu ada kegiatan tatap muka antara murid dan guru, kecuali hanya untuk pelengkap.

Proses belajar di sekolah online dapat menggunakan komputer atau ponsel cerdas yang terhubung dengan jaringan internet. Manusia sebagai mahluk sosial yang dalam kehidupan sehari-hari senantiasa memerlukan orang lain. Dalam kehidupan sosial tersebut manusia haruslah berkomunikasi untuk mengetahui maksud dan tujuan masing-masing individu.

Pemerataan Pengetahuan dan Teknologi Kunci Kebangkitan Nasional

Memasuki tahun ajaran baru, biasanya para siswa berkenalan dengan teman baru di sekolah atau di kelasnya. Dampak sekolah online, memaksa para siswa untuk berkenalan dengan teman baru secara online. Berkenalan dengan orang baru secara online, biasanya mengalami hambatan dalam proses komunikasi, karena para siswa tidak bisa melihat secara langsung wajah teman barunya dan rentan terjadinya miskonsepsi saat berkomunikasi.

Menurut Joseph A.Devito dalam buku The Interpersonal Communication Book (Devito, 1989:4), komunikasi antar pribadi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan antara dua individu atau antar individu dalam kelompok dengan beberapa efek dan umpan balik seketika.

Diaspora Afghanistan Dirikan Sekolah Online untuk Anak Perempuan

Komunikasi antar pribadi sangat dibutuhkan dalam menciptakan pertemanan, karena komunikasi antar pribadi efektif dalam mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Komunikasi antar pribadi dapat membantu kita menemukan jati diri kita atau memahami siapa kita sebenarnya dan juga orang lain.

Komunikasi antar pribadi yang efektif dapat menciptakan hubungan pertemanan yang baik. Pertemanan yang baik akan memberikan dampak yang positif bagi sikap dan perilaku siswa.

Berikut beberapa tips berkenalan dengan teman baru saat sekolah online:

1. Melakukan Video Call

Sekolah online membuat siswa tidak bisa melihat wajah teman barunya secara langsung. Maka dari itu, melakukan video call dengan teman sekelas adalah cara yang efektif untuk berkenalan satu sama lain. Dengan video call, para siswa bisa megetahui wajah-wajah teman barunya. Sehingga, ketika nantinya bertemu sudah mengetahui wajah temannya.

2. Melakukan Chat Personal Dengan Topik Ringan

Jika sudah saling berkenalan, mulailah obrolan dengan topik yang ringan. Anda bisa menanyakan melalui chat personal, bagaimana suasana di sekolah lamanya atau suasana di kelas lamanya untuk menjalin pertemanan.

3. Bersikap Ramah

Sikap dan perilaku adalah hal pertama yang bakal dilihat oleh teman-teman baru. Jika di awal perkenalan sudah terkesan tidak ramah, orang lain akan segan untuk berkenalan. Untuk itu, berikan senyuman dan sapaan yang baik saat melakukan video call atau jika chat secara personal, anda bisa memberikan emoji senyum agar terkesan ramah. Maka, orang lain akan membuka percakapan dan mendekatimu untuk berkenalan.

4. Melakukan Chat Grup

Berkenalan dengan teman sekelas bisa juga melalui chat grup, biasanya setiap kelas mempunyai chat grup. untuk memulainya anda bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu.  Seperti memperkenalkan nama, asal sekolah, dan tempat tinggal. Nantinya, akan ada anggota grup yang merespon dan memperkenalkan diri satu persatu.

5. Menanyakan Media Sosial

Saat sudah saling memperkenalkan nama, kamu bisa menanyakan media sosial teman barumu. Misalnya bertanya seperti “Hai, kamu punya Instagram tidak? Kalau boleh tau username Instagram kamu apa? Mau aku follow”. Menanyakan media sosial adalah bentuk mengakrabkan diri dengan teman baru. 

6. Mencari Kesamaan

Untuk mengetahui persamaan apa yang ada di diri anda atau teman baru anda, anda bisa menanyakan tentang kebiasaan yang dilakukan oleh teman anda. Contohnya menanyakan ekstrakulikuler yang diikuti saat disekolah dulu, atau menanyakan hobi yang disukai. Jika ada kesamaan, ada banyak bahan perbincangan yang seru untuk diobrolin dan komunikasi akan terjalin baik.

7. Tanyakan Tugas Seputar Sekolah

Saat bersekolah, pastinya akan ada tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Anda bisa menanyakan ada tugas apa saja yang harus dikerjakan di chat grup kelas. Biasanya topik seputar tugas sekolah bisa mendekatkan diri dengan teman-teman baru. Karena, seiring berjalannya waktu topik tersebut juga menjadi perbincangan sehari-hari saat sekolah online.

Berkenalan secara langsung maupun online tentunya akan mengalami hambahatan dalam berkomunikasi. Dari paparan diatas, menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi berperan sangat penting dalam menjalin hubungan pertemanan yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.