Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Jurus Jitu Manajemen Keuangan

Membagikan Leaflet “Manajemen Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi”
Sumber :
  • vstory

VIVA – Semarang (20/7) Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak pada berbagai sektor, terutama pemasukan keluarga dan menyerang kesehatan keuangan, sehingga ibu rumah tangga harus ekstra dalam mengurangi berbagai pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2 Ribu Siswa dari 11 SMP Dibekali Skill Manajemen Keuangan

Begitu pula dengan sebagian besar ibu-ibu di RT 3, Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, yang masih belum memahami sepenuhnya mengenai manajemen keuangan selama pandemi. Sekretaris PKK RT 3, Bu Sri Mulyani, menjelaskan bahwa banyak warga RT 3 yang keuangannya menjadi tidak pasti karena menghadapi banyak tantangan selama masa pandemi ini, seperti meningkatnya pengurangan, pemotongan gaji, bahkan terkena PHK.

Pengeluran rumah tangga menjadi semakin besar dalam hal menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan untuk upaya pencegahan virus dan pemenuhan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, seperti membeli masker, hand sanitizer, vitamin penguatan imun, obat-obatan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, manajemen keuangan di setiap rumah tangga harus dilakukan dengan baik agar dapat bertahan di masa pandemi seperti ini.

Mengelola Manajemen Keuangan Secara Fleksibel dan Inovatif di Era Digital, Gunakan Platform Ini

Kondisi ini mendorong salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro dalam menjalankan program KKN Tim II UNDIP periode 2020/2021 di Kelurahan Jatingaleh, Kota Semarang untuk memberikan sosialisasi kepada para ibu-ibu PKK mengenai manajemen keuangan rumah tangga selama pandemi.

Kegiatan KKN ini dilakukan secara online untuk mencegah adanya perkumpulan massa. Mahasiswa UNDIP memberikan penjelasan kepada ibu PKK mengenai pentingnya manajemen keuangan rumah tangga dan empat jurus jitu, yakni mengatur prioritas kebutuhan, mencatat penghasilan dan pengeluaran, mempersiapkan dana darurat, dan menabung.

Sukses Diterapkan di Singapura, Ribuan Siswa SMP Bakal Dibekali Skill Manajemen Keuangan

 Sosialisasi “Manajemen Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi”

Sosialisasi “Manajemen Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi”

Selain sosialisasi secara online, mahasiswa UNDIP juga menempelkan poster di tempat umum, membagikan leaflet kepada ibu-ibu PKK, dan memberikan edukasi kepada sekretaris PKK agar apa yang disampaikan lebih mudah dipahami dan dapat disalurkan kepada para anggota PKK lainnya.

 Menempelkan Poster “Manajemen Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi”

Menempelkan Poster “Manajemen Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi”

Membagikan Leaflet “Manajemen Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi”

Membagikan Leaflet “Manajemen Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi”

Kegiatan KKN ini mendapatkan dukungan positif dari Ketua RW 3, Ketua RT 3, PKK, dan warga setempat. “Edukasi ini sangat bermanfaat, membuat saya lebih paham bagaimana cara mengatur prioritas kebutuhan, dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan, melakukan pencatatan, dan tips menabung efektif.” ujar Bu Sri Mulyani selaku Sekretaris PKK RT 3.

Penulis : Endah Elsa Riani (Administrasi Bisnis / FISIP / 2018)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.