Tips Jaga Komunikasi Para Penggemar BTS ARMY di Ternate

Foto Ilustrasi Project Baia Ternate/
Sumber :
  • vstory

VIVA - Komunikasi yang terjalin dalam kehidupan manusia ada dalam bermacam aspek. Manusia selaku makhluk sosial yang tidak bisa dipisahkan dari interaksi sosial, sebab pada dasarnya interaksi sesama manusia ialah perihal yang utama.

Pengaruh Positif Fandom Idol BTS dalam Kegiatan Sosial

Peranan berarti interaksi dalam ikatan ataupun jalinan antara satu orang dengan orang yang lain, satu kelompok dengan kelompok yang lain, dan orang dengan kelompok. Interaksi selalu terjadi dimanapun, kapanpun, serta pada siapapun, namun disebuah kelompok yang didalamnya berisikan banyak individu itu interaksi bisa terjalin apabila ada kontak serta komunikasi.

 Mulyana (2005) menyatakan komunikasi kelompok disebut sebagai sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya dan memandang mereka sebagian dari kelompok tersebut.

Perubahan Ponsel Genggam Menjadi Penunjang Kehidupan di Kota Cimahi

Contohnya seperti perkumpulan suatu fandom atau penggemar boyband asal Korea Selatan BTS, yang biasa dikenal dengan sebutan ARMY. Boyband merupakan sebuah kelompok musik pop yang didalamnya terdiri dari tiga atau lebih anggota, yang melakukan pertunjukan dengan bernyanyi dan menari.

Fandom dalam istilah Bahasa Inggris memiliki arti ‘Kepenggemaran’. Kepenggemaran adalah sebuah budaya yang terdiri dari sekelompok penggemar yang mempunyai perasaan empati serta persahabatan terhadap sesama dengan yang lain yang memiliki minat yang sama.

4 Tuntutan Massa Driver Ojol yang akan Ditangani Ganjar Pranowo

Munculnya fandom dari berbagai idola KPOP mengakibatkan munculnya komunitas-komunitas yang didirikan untuk suatu tujuan tertentu. Seperti halnya fandom BTS di Ternate yaitu ARMY Ternate. Fandom ARMY di Ternate memiliki minat yang sama dengan perasaan kedekatan serta kesamaan.

Komunitas ARMY di Ternate dengan nama komunitas BAIA TERNATE ( BTS ARMY INDONESIA AMINO TERNATE ) terbentuk sejak 5 Januari 2019 yang anggotanya berasal dari kota Ternate. Baia Ternate  terbentuk sebagai tempat untuk saling berbagi informasi tentang idola mereka yaitu BTS (Bangtan Boys).

Komunitas Baia Ternate ini juga dibentuk sebagai tempat berkumpulnya ARMY yang berada di kota Ternate. Baia Ternate aktif secara online dan juga offline. Aktivitas komunikasi yang sering dilakukan Baia Ternate untuk membangun rasa kekeluargaan serta dapat mengenal satu sama lain yaitu seperti mengadakan project gathering dalam rangka merayakan ulang tahun anggota boyband BTS, anniversary BTS maupun ARMY, serta project donasi.

Anggota Baia Ternate sekarang sudah mencapai 114 anggota didalamnya serta 7 admin sebagai pengurus komunitas tersebut. Dengan seringnya mengikuti project event  yang diadakan Baia Ternate, disitu juga sesama anggota akan semakin akrab satu sama lain serta menjaga komunikasi dengan baik.

Pola komunikasi dua arah atau timbal balik adalah komunikator serta komunikan saling bertukar fungsi informasi dalam menjalankan fungsi mereka. Didalam komunitas Baia Ternate sendiri ketika mereka tidak dapat berkomunikasi secara tatap muka, mereka menggunakan media whatsapp sebagai alat untuk berkomunikasi dalam menyampaikan pesan satu sama lain.

Dilihat di grup whatsapp Baia Ternate, salahsatu admin mengirimkan informasi mengenai BTS maupun informasi project event yang akan mereka adakan, disitulah selalu ada respon dari anggota-anggota grup dan dapat dikatakan sebagai pola komunikasi dua arah atau komunikator dan komunikan saling menanggapi.

Berikut ini adalah tips agar komunikasi tetap terjaga antar ARMY di Ternate ala Baia Ternate :

1.      Melakukan Chatting Via Whatsapp Grup

Media sosial whatsapp menjadi salahsatu wadah untuk berkomunikasi. Dalam penggunaan whatsapp sebagai media yang didalamnya mencakup pesan teks, gambar, video,pesan suara dan juga menelpon ini sangat membantu agar kita dapat berkomunikasi hingga jarak jauh.

Seperti halnya yang dilakukan komunitas Baia Ternate, admin dan anggota grup selalu melakukan chatting hampir setiap hari. Seperti saling berbagi informasi tentang BTS ataupun saling menanyakan kabar, baik dalam bentuk pesan teks dan juga pesan suara. Itulah yang membuat hubungan komunikasi antar admin dan anggota grup sangat erat meskipun hanya berkomunikasi melalui chatting.

2.      Event Bulanan

Komunitas Baia Ternate sering mengadakan project event setiap satu bulan sekali. Baik itu event ulang tahun member BTS ataupun anniversary BTS dan ARMY. Seringnya mengadakan event ini juga merupakan salahsatu cara agar hubungan antara sesama ARMY di Ternate semakin erat karena selalu bertemu dan berbincang dengan sesama ARMY.

3.      Melakukan Project Bersama

Seringnya melakukan sebuah project bersama, hubungan antar admin dan anggota semakin berjalan dengan baik. Dikarenakan selalu bertemu dalam mengadakan project bersama disitulah hubungan antar anggota ARMY di Ternate semakin dekat.

Komunikasi kelompok yang terjadi pada komunitas Baia Ternate terdapat komunikasi secara langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung ini seperti komunikasi yang dilakukan pada saat adanya project event yang dimana admin dan anggota bertemu secara langsung.

Sedangkan komunikasi secara tidak langsung yaitu seperti melalui grup chat di whatsapp. Dengan seringnya mengadakan pertemuan baik itu dalam project event maupun diluar event, komunikasi antar admin dan anggota Baia Ternate tetap solid. Tidak hanya berkomunikasi secara langsung yang membuat komunikasi antar anggota Baia Ternate tetap solid, tetapi komunikasi melalui grup chat pun membuat anggota komunitas ini semakin erat meskipun tidak bertemu secara terus menerus dan hanya melalui media grup chat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.