Eksekusi Program Kerja KKN UNDIP di Tengah Pandemi COVID-19

Upacara Penerjunan Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2020/2021
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pelaksanaan kegiatan KKN UNDIP Tim II Tahun Akademik 2020/2021 tetap berlangsung di masa pandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan Upacara Penerjunan Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun Akademik 2020/2021 yang dilaksanakan pada Rabu, 30 Juni 2021.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Upacara ini dilakukan melalui meeting zoom dan disiarkan secara langsung melalui akun Youtube Undip TV Official. Dalam hal ini, pelaksanaan KKN UNDIP Tim II 2020/2021 memiliki program kerja yang berhubungan dengan tema Covid-19 dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Lebih lanjut, melalui Upacara Penerjunan Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun Akademik 2020/2021, maka secara resmi Mahasiswa UNDIP dapat melaksanakan kegiatan KKN.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun Akademik 2020/2021 dapat menjalankan program kerja KKN di wilayah-wilayah yang telah diatur oleh pihak Universitas Diponegoro.

Falentinoris Yubilio Wiku menjadi salah satu mahasiswa dari Departemen Hubungan Internasional-FISIP yang tergabung dalam KKN UNDIP Tim II 2020/2021 di Kecamatan Tembalang tepatnya di Kelurahan Jangli, RW 03/RT 02, Kota Semarang-Jawa Tengah.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Adapun program kerja KKN dengan tema Covid-19 dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dijalankan. Program kerja KKN dengan tema Covid-19 yang telah dijalankan ialah memberikan infografis tentang program dan pelaksanaan vaksinasi, serta memberikan hand-sanitizer 1 liter.

Lebih lanjut, program kerja KKN dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs) berupa pemberian tong sampah organik dan an-organik juga telah dilaksanakan.

Memberikan infografis tentang program dan pelaksanaan vaksinasi kepada Ibu-ibu PKK RT 02, Kel. Jangli melalui aplikasi Whatsapp

Memberikan infografis tentang program dan pelaksanaan vaksinasi kepada Ibu-ibu PKK RT 02, Kel. Jangli melalui aplikasi Whatsapp

Program kerja KKN dengan tema Covid-19 yang pertama, yaitu memberikan infografis tentang program dan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat di RT 02, Kel. Jangli dilaksanakan pada Kamis, 15 Juli 2021.

Program ini dijalankan setelah mendapatkan izin dari Ketua RT 02, yaitu Bapak Kiswanto. Dalam hal ini, Bapak Kiswanto memberikan amanah kepada istrinya agar program ini dapat dijalankan.

Lebih lanjut, Ibu Ketua RT 02 memasukan penulis ke WA grup Ibu-ibu PKK RT 02, Kelurahan Jangli. Di dalam WA grup ini, penulis menjalankan program dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, program tema Covid-19 yang pertama ini berjalan dengan lancar dan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Memberikan hand-sanitizer 1 liter kepada RT 02, Kel. Jangli

Memberikan hand-sanitizer 1 liter kepada RT 02, Kel. Jangli

Tidak sampai disitu, program kerja KKN dengan tema Covid-19 yang kedua, yaitu memberikan hand-sanitizer 1 liter kepada RT 02, Kel. Jangli telah dilaksanakan pada Sabtu, 17 Juli 2021. Hand-sanitizer ini nantinya digunakan untuk mengisi botol-botol hand-sanitizer kosong yang ada di Masjid, pos ronda, atau memberikan kepada warga yang membutuhkan.

Dengan terisinya botol-botol hand-sanitizer yang ada di Masjid atau pos ronda, maka masyarakat setempat bisa menggunakannya apabila tidak sempat mencuci tangan dengan sabun.

Dalam hal ini, penggunaan hand-sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun sama efektifnya membunuh semua jenis kuman dan untuk menghindari virus Covid-19.

Memberikan tong sampah organik dan an-organik kepada RT 02, Kelurahan Jangli

Memberikan tong sampah organik dan an-organik kepada RT 02, Kelurahan Jangli

Untuk menyelaraskan kondisi pandemi Covid-19 dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs), maka poin 12 dari SDGs tentang konsumsi dan produksi yang bertanggung-jawab dapat menjadi program kerja KKN yang paling tepat.

Dalam hal ini, program kerja KKN yang bisa sesuai dengan poin 12 SDGs adalah dengan memberikan tong sampah organik dan an-organik. Pemberian tong sampah organik dan an-organik ini telah diberikan kepada RT 02, Kelurahan Jangli pada Rabu, 21 Juli 2021. Tong sampah ini akan diletakan oleh pihak RT 02, Kelurahan Jangli pada tempat-tempat yang belum memiliki tempat pembuangan sampah. 

Walaupun adanya hambatan dan tantangan dalam melaksanakan kegiatan KKN ini ditengah pandemi Covid-19, tidak serta merta memadamkan semangat Mahasiswa UNDIP untuk melakukan kegiatan KKN.

Program kerja KKN dengan tema Covid-19 dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah terlaksana dengan baik diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat RT 02, Kelurahan Jangli. Dengan demikian, program kerja Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2020/2021 khusunya di Kecamatan Tembalang tepatnya di Kelurahan Jangli, RW 03/RT 02, Kota Semarang-Jawa Tengah dapat dilaksanakan dan diterima dengan baik oleh masyarakat setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.