Mengabdi Melalui KKN Universitas Diponegoro

Melakukan Penyemprotan Disenfektan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kaliwiru, Candisari – Minggu (08/08/2021) – Sudah hampir 1,5 tahun Indonesia dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Kasus penyebaran Covid-19 pun sempat naik turun sehingga pemerintah kembali menerapkan PPKM kembali pada 30 Juni 2021 untuk menghambat penyebaran Covid-19.

KKN Tematik: Video Dongeng untuk Media Literasi Digital AUD

Di tengah PPKM tersebut maka diterjunkanlah TIM II KKN Universitas Diponegoro. Pelaksanaan KKN pada kali ini dilakukan secara daring, hal ini dilaksanakan agar mahasiswa tetap bisa melakukan tugasnya sebagai agent of change dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat sekaligus juga dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam mengikuti kegiatan KKN pada kali ini, mahasiswa yang diterjunkan pada wilayah Kaliwiru, Candisari, Semarang mempunyai dua program kerja yakni Penyemprotan disenfektan dan Sosialisasi penggunaan double masker. Penyemprotan disenfektan ini dilakukan selama 3 minggu di 4 RW di kelurahan Kaliwiru.

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Undip di Tengah Pandemi COVID-19

Pada minggu ke II pelaksanaan KKN mahasiswa melakukan pembelian bahan-bahan untuk meracik ramuan disinfektan yang akan dilakukan penyemprotan pada minggub ke III dimulai di RW I Kelurahan Kaliwiru. Pembelian bahan ini dilakukan di salah satu swalayan terkenal di Semarang dan menghabiskan dana sekitar Rp. 200.000,00 yang diperolehdari uang iuran mahasiswa. Dari pemebelian tersebut mahasiswa mendapatkan 3 jenis merk pembersih berbeda dengan takaran yang disesuaikan dengan luas Kelurahan Kaliwiru.


 Pembelian Bahan

Eksekusi Program Kerja KKN UNDIP di Tengah Pandemi COVID-19

Pembelian Bahan

Penyemprotan disinfektan pertama dilakukan pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 dengan RW I sebagai daerah pertama yang akan dilakukan penyemprotan. Kegiatan penyemprotan ini dilakukan dengan upacara pembukaan oleh RW I sebagai giliran pertama dalam pembagian penyemprotan.

Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan peracikan disinfektan secara kelompok dan kemudian pembagian post agar nantinya bisa melakukan penyemprotan disinfektan secara merata ke seluruh wilayah RW I Kelurahan Kaliwiru. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 2,5 jam dan kemudian diakhiri dengan upacara penutupan. Kegiatan penyemprotan pada RW I kemudian dilanjutkan pada hari Minggu, 18 Juli 2021 karena luas wilayah RW I yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan pada satu hari. 

 Pennyemprotan Disenfektan RW I

Pennyemprotan Disenfektan RW I

Penyemprotan di RW II dilaksanakan pada Minggu keempat KKN yakni pada hari Minggu, 25 Juli 2021. Kegiatan penyemprotan RW II ini dilakukan dengan upacara pembukaan oleh RW II sebagai giliran kedua dalam pembagian penyemprotan. Proses penyemprotan ini dihadiri oleh seluruh ketua RT RW II dan ibu-ibu PKK. 

Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan peracikan disenfektan secara kelompok dan kemudian dilanjutkan dengan pembagian post agar nantinya bisa melakukan penyemprotan disenfektan secara merata ke seluruh wilayah RW II Kelurahan Kaliwiru. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 2 jam dan kemudian diakhiri dengan upacara penutupan dari RW II. 
 Foto Bersama RW II

Foto Bersama RW II

Penyemprotan pada RW III dan RW IV dilakukan di hari yang sama pada Minggu kelima KKN yakni pada Minggu, 1 Agustus 2021. Proses penyemprotan ini berbeda karena mahasiswa dibagi menjadi 2 tim untuk melaksanakan penyemprotan di masing-masing RW. Pada  RW IV sendiri terdapat total 9 mahasiswa dan dengan 4 RT didalamnya.

Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan peracikan disenfektan secara kelompok dan kemudian dilanjutkan dengan pembagian post agar nantinya bisa melakukan penyemprotan disenfektan secara merata ke seluruh wilayah RW IV. Kegiatan pada RW IV kemudian di tutup dengan upacara penutupan dan pemberian makanan dari pihak RW IV sebagai ucapan tanda terimakasih kepada mahasiswa.

Penyemprotan di RW IV

Penyemprotan di RW IV

Penyemprotan pada RW III dan IV sekaligus menjadi akhir dari pelaksaan proker pertama mahasiswa yakni penyemprotan di Keluarahan Kaliwiru. Harapannya, setelah mahasiswa melakukan penyemprotan, warga dapat menjadi lebih paham mengenai protokol kesehatan dan sekaligus dapat menjaga diri serta melakukan penyemprotan disenfektan secara mandiri.

Pada proker kedua, mahasiswa melaksanakan yakni Sosialisasi Penggunaan double masker sebagai bentuk menjaga diri selama pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan di total seluruh RW II kelurahan Kaliwiru dengan total 7 RT didalamnya. Program kerja ini dilakukan secara door to door denga mengunjugi rumah setiap RT di dalam RW 02 Kaliwiru. Mahasiswa juga membuat serta mencetak 3 brosur yang masing-masing berisi cara menggunakan masker yang baik dan benar menurut WHO, alasan penggunaan double masker, serta cara menggunakan double masker dengan baik dan benar. Total terdapat 30 brosur yang dicetak dan menghabiskan dana sekitar Rp. 42.500,00.

 Sosialisasi

Sosialisasi

Kegiatan ini dilakukan kurang lebih 3 jam yakni mulai pukul 10.00-13.00 WIB. Selama pelaksanaan mahasiswa melakukan sosialisasi dengan seluruh RT atau perwakilan RT dan juga bebebrapa warga sekitar. Tak lupa brosur dibagikan dan juga dijelaskan kepada para warga.

Dengan selesainya pelaksanaan program tersebut, maka menjadi akhir pula kegiatan mahasiswa dalam berpartisipasi di TIM II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.