Strategi Marketplace dalam Menarik Minat Beli Konsumen

Ilustrasi konsumen sedang membeli di marketplace.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tidak dapat dipungkiri, bahwa di masa sekarang dunia usaha kerap kali mengalami perubahan untuk menyesuaikan diri dalam berbagai persaingan pada sektor usaha. Misalnya digitalisasi sektor perekonomian dengan menyediakan market place memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Contohnya saja Shopee, Tokopedia, hingga Buka Lapak. Dalam meningkatkan minat dan transaksi pembeli, setiap market place selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik agar dapat mengungguli market place yang lain.

Di masa sekarang, persaingan dalam dunia usaha terutama di dunia pemasaran bahkan semakin berkembang dan sengit. Pada tahun 2019, Tokopedia menjalin kerjasama dengan menjadikan salah satu artis Korea yaitu BTS menjadi Brand Ambassador, mengingat demam Korean Wave sedang terjadi di berbagai pelosok dunia tidak terkecuali Indonesia.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

BTS dipilih menjadi Brand Ambassador karena dianggap mampu dalam memberikan pengaruh besar dan menarik minat konsumen untuk melakukan transaksi di market place yang ada. Dengan menjadikan BTS sebagai salah satu Brand Ambassador, tidak dapat dipungkiri bahwa minat beli konsumen mengalami kenaikan yang signifikan.

Minat beli atau yang biasa dijelaskan menjadi kecenderungan seorang konsumen untuk membeli sebuah produk merupakan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan usaha market place. Seorang Brand Ambassador pada dasarnya harus memiliki penampilan menarik mulai dari karakteristik yang dapat membentuk citra positif dan membangun rasa percaya konsumen.

Kawasaki Ninja ZX-25R Dijual Bekas, Harga Bikin Kaget

Apabila seorang Brand Ambassador memiliki citra yang baik, maka konsumen akan menjadi tertarik untuk membeli karena sudah merasa percaya dengan Brand Ambassador tersebut. Sebagaimana BTS yang memiliki reputasi kuat dan baik yang dapat menarik konsumen untuk kemudian membeli produk yang ada.

Seorang Brand Ambassador akan menjadi pertimbangan dalam pembuatan keputusan konsumen. Keputusan pembelian yang dibuat oleh konsumen merupakan sebuah proses dalam mengambil keputusan yang mencakup pertimbangan bahwa konsumen akan melakukan transaksi terhadap barang yang ada atau tidak.

Terkadang perilaku dalam menentukan pembelian ditentukan dengan penentuan kebutuhan melalui pengenalan permasalahan, mencari informasi lebih lanjut, evaluasi, pengambilan keputusan, dan dilanjutkan hingga perilaku yang dilakukan konsumen setelah membeli sebuah barang.

Keputusan pembelian yang merupakan perilaku konsumen menjadi hal yang penting dan saling berkaitan satu sama lain. Dalam pengambilan keputusan pembelian, terkadang konsumen mempertimbangkan kualitas, hraga, hingga promosi yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen.

Di sini, peran dari seorang Brand Ambassador adalah untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan sebuah usaha yang ada sehingga konsumen meningkatkan minat beli sesuai dengan pertimbangan yang tersedia.

Peranan Brand Ambassador dalam menawarkan usaha hingga menyampaikan informasi memberikan pengaruh yang signifikan kepada keputusan pembelian konsumen sekaligus meningkatkan minat beli para calon konsumen.

Terutama apabila seorang Brand Ambassador telah memiliki banyak pengalaman dan pendukung yang senantiasa akan mendukung segala hal yang dilakukannya. Setiap pesan yang disampaikan berdasarkan keahlian yang dimilikinya akan menarik konsumen untuk membuat keputusan dalam melakukan pembelian. Kredibilitas sebuah Brand Ambassador juga memiliki dampak yang besar dalam keputusan pembelian karena mereka memiliki nilai kepercayaan tersendiri pada kalangan masyarakat. Daya tarik mereka juga memiliki keterkaitan besar dalam peningkatan keputusan konsumen untuk memberikan keputusan pembelian.

Dalam persaingan pemasaran sekarang ini, pada umumnya tidak sedikit market place yang menggunakan artis Korea untuk menjadi Brand Ambassador dengan tujuan menarik minat konsumen melalui pengambilan keputusan pembelian. Hal ini tidak sepatutnya salah, mengingat Indonesia sedang dilanda budaya Korea, sehingga penggunaan Brand Ambassador berupa artis Korea dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat. Masyarakat Indonesia juga selalu antusias, terutama bila artis Korea yang digemarinya ditunjuk menjadi seorang Brand Ambassador. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari Brand Ambassador tersebut. Semakin terkenal seorang Brand Ambassador, maka semakin tinggi daya tarik yang diberikan dalam meningkatkan minat konsumen untuk melakukan transaksi dan memberikan keputusan pembelian. Keputusan market place Indonesia untuk menjadikan artis Korea sebagai Brand Ambassador mereka dapat dianggap sebagai hal yang tepat mengingat pada akhirnya para artis Korea tersebut dapat memberikan pengaruh baik bagi market place dengan meningkatkan minat beli para konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.