Strategi Digitalisasi Meningkatkan Pertumbuhan Bank BRI

Transformasi Digital Layanan Sektor Perbankan
Transformasi Digital Layanan Sektor Perbankan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Era disrupsi industri 4.0 telah terjadi di Indonesia. Pada era ini terjadi upaya transformasi dengan melakukan integrasi pada berbagai lini industri -produksi dan operasional dengan sistem digital online di mana proses produksi dan operasional tersinkronisasi dengan internet sebagai penopang utama. Perkembangan disrupsi industri 4.0 ini dikenal kemudian sebagai era “transformasi digital”.

Perusahaan tidak bisa menutup mata dengan dimulainya era transformasi digital ini. Percepatan penggunaan teknologi yang semakin masif ini membuat siapapun khususnya perusahaan seharusnya dapat menangkap sinyal apik dari kondisi yang ada. Pemanfaatan penggunaan teknologi yang masif ini membuat semua hal berubah drastis –lebih efisien dan efektif.

Perubahan dalam era transformasi digital ini merupakan sinyal bagi perusahaan sektor perbankan untuk merubah serta meningkatkan jasa pelayanan mereka. Adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia juga turut memberi sumbangsih kepada percepatan digitalisasi perbankan.

Hal tersebut tentu menjadi persaingan ketat antar sektor perbankan di masa-masa sulit saat pandemi. Banyak bank yang menyulap layanan perbankan mereka ke dalam layanan digital untuk menyelamatkan dari krisis pandemi.

Beberapa bank yang sudah siap menghadapi era transformasi digital antara lain bank bjb dengan layanan pembayaran digital melalui Quick Respond Indonesian Standard atau QRIS yang mulai diluncurkan pada tahun 2019 memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran melalui e-wallet.

BNI dengan menggandeng beberapa perusahaan fintech serta e-commerce untuk melakukan kerjasama. Bank Mandiri dengan layanan pembukaan rekening baru secara online, dan banyak bank-bank lain yang sudah menerapkan digitalisasi perbankan maupun sedang mempersiapkannya.

Salah satu bank himbara (Himpunan Bank-bank Negara) yang turut meramaikan era transformasi digital yaitu Bank Rakyat Indonesia atau bank BRI. Bank BRI melakukan transformasi digital dengan meluncurkan beberapa layanan atau produk digital sebagai upaya untuk meningkatkan strategi perusahaan.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.