Prestasi Luar Biasa Sektor Pertanian Selama Pandemi COVID-19

Sumber foto : wallpaperbetter
Sumber foto : wallpaperbetter
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia telah menyebabkan banyak kerugian di berbagai sektor kehidupan. Salah satu kerugian yang paling terasa adalah menurunnya tingkat produksi di berbagai sektor ekonomi. Hal ini terbukti saat kuartal II tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia turun sebesar minus 5,32%.

Salah satu sektor ekonomi yang mengalami kontraksi selama pandemi adalah sektor produksi. Namun, saat sebagian besar sektor produksi di Indonesia mengalami kontraksi, sektor pertanian yang merupakan bagian dari sektor produksi justru mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Hal ini terbukti saat kuartal II pertumbuhan ekonomi, sektor pertanian mampu tumbuh sebesar 2,2?ri kuartal II tahun sebelumnya dan tumbuh sebesar 16,24?ri kuartal I ditahun yang sama yaitu 2020.

Pertumbuhan positif sektor pertanian selama pandemi sedang berlangsung merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Sebab di saat sektor produksi lain mengalami kontraksi, sektor pertanian justru mampu tumbuh dan menjadi tulang punggung untuk menahan turunnya pertumbuhan ekonomi ke angka yang lebih jauh.Selain tetap tumbuh positif, sektor pertanian juga mencatatkan beberapa pencapaian selama pandemi. Berikut ini beberapa  pencapaian sektor pertanian selama pandemi covid – 19.

1. Mencapai Ketahanan Pangan

Pada awal terjadinya pandemi covid-19 Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) memperingatkan potensi terjadinya krisis pangan sebagai dampak pandemi covid-19. Peringatan FAO ini langsung direspon oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang meminta jajaran yang terkait dan para kepala daerah untuk menjaga ketersediaan bahan pokok agar tidak langka yang berimbas pada naiknya harga.

Peringatan FAO nampaknya telah menjadi dasar pertimbangan yang serius bagi pemerintah untuk merumuskan berbagai kebijakan agar ketahanan pangan selama pandemi dapat teratasi.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.