Pentingnya SIM dalam Pengambilan Keputusan Tingkat Performa Usaha

Ilustrasi Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Perkembangan teknologi membuat masyarakat banyak mengalami perubahan. Maka dari itu seiring dengan berkembangnya teknologi membawa masyarakat di berbagai bidang mampu melakukan pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Salah satu pemanfaatan teknologi yang mampu membawa usaha agar lebih efektif dan efisien yaitu melalui sistem informasi manajemen (SIM). Sebelum membahas lebih lanjut maka perlu kita ketahui arti dari Sistem Informasi Manajemen itu sendiri.

Pengertian sistem sendiri dimaknai sebagai sekumpulan hal atau kegiatan atau  elemen  atau  subsistem  yang  saling  bekerja  sama  atau  yang  dihubungkan  dengan  cara-cara  tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsiguna mencapai suatu tujuan (Sutanta, 2013).

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Kemudian informasi juga dimaknai sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi yang menerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini dan saat mendatang (Davis, 2002).

Sedangkan manajemen memiliki arti pengendalian dan pemanfaatan daripada semua  faktor dan  sumber  daya  yang  menurut  suatu  perencanaan  (planning) (Atmosudirdjo, 1986).

Tampil Stylish dan Nyaman di Momen Ramadhan, ALDO Luncurkan Koleksi dengan Teknologi Pillow Walk

Maka dari itu secara utuh pengertian Sistem Informasi Manajemen merupakan kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertangung jawab mengumpulkan dan mengelola data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian (Frederick H.Wu dikutip dari Jogiyanto, 2005).

Oleh karena itu, output dari data-data yang telah dikelola pada sistem informasi manajemen dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam proses pemebuatan keputusan beriktunya.

Proses pengambilan keputusan juga melalui beberapa tahap agar mencapai tujuan yang diinginkan. Seperti pada model pengambilan keputusan dalam tiga fase yang diajukan oleh Simon (1960) meliputi: Intelligence berupa pendeteksian lingkup masalah, Design berupa proses menganalisis alternatif yang akan dilakukan, dan Choice berupa pemilihan berbagai alternatif tindakan yang akan dijalankan sert diimplementasikan untuk membuat keputusan.

Dari ketiga tahapan pengambilan keputusan tersebut dapat diterapkan misalnya pada permasalahan sebuah usaha memiliki kendala pengelolaan kerjasama yang justru tidak mendapatkan keuntungan sesuai yang direncanakan.

Maka tahap pertama dapat dilakukan melalui intelligence atau mendeteksi ruang lingkup masalah di bidang keuangan serta menganalisis data laporannya, kedua berupa design dengan memetakan beberapa alternatif dari kendala seperti memperketat target penjualan mitra usaha dan mengelola promosi lebih baik lagi, dan pada tahap akhir yaitu choice yaitu memilih keputusan akhir dari beberapa alternatif design yang telah dipetakan sebelumnya.

Berdasarkan uraian diatas maka sebuah proses sistem informasi manajemen sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan guna meningkatkan performa usaha. Melalui tahapan yang terstruktur dan berdasarkan data-data yang telah dikelola oleh seperangkat teknologi dalam Sistem Informasi Manajemen mampu membantu pengelola usaha dalam menentukan keputusan berikutnya.

Para pengusaha terutama usaha-usaha rintisan baru pada umumnya masih sulit untuk memetakan kendala seperti pengelolaan keuangan, kemitraan dan kerjasama, inventory control, dan lain sebagainya.

Maka dari itu apabila setiap usaha mampu memanfaatkan perkembangan teknologi berupa sistem informasi manajemen (SIM) akan memudahkan memetakan memantau progres dan kendala usaha serta memudahkan proses pengambilan keputusan saat menghadapi beberapa permasalahan pada usahanya secara efektif dan efisien. (Cria Wihapsari, Mahasiswa Jurusan Manajamen, FEB, Universitas Jenderal Soedirman)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.