Produksi Padi Meningkat Selama Pandemi

Ilustrasi bekerja sama menanam padi
Ilustrasi bekerja sama menanam padi
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pada 2020 menjadi tahun yang sangat suram bagi seluruh negara di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia, penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena pandemi covid-19 yang membuat kekacauan di berbagai lini kehidupan.

Praktis sejak terkonfirmasinya kasus pertama infeksi covid-19 di Indonesia pada bulan Maret tahun 2020, sejak saat itu juga kehidupan masyarakat mulai berubah 180 derajat. Berbagai kebijakan pemerintah memaksa masyarakat harus berdiam diri di rumah guna menghindari infeksi covid-19.

Pandemi ini bukan hanya merugikan kesehatan masyarakat, tetapi juga merugikan ekonomi masyarakat yang terpaksa harus berdiam diri di rumah. Banyak sektor ekonomi yang kegiatannya harus berhenti akibat banyak tenaga kerjanya yang harus dirumahkan dan karena berbagai alasan lain yang membuat sektor ekonomi tersebut selama pandemi menjadi kurang efektif dalam memproduksi barang maupun jasa.

Puncak dari efek covid-19 terhadap sektor ekonomi di Indonesia adalah turunnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II sebesar -5,32% atau secara awam penurunan ini disebabkan oleh kontraksi atau penurunan kemampuan tiap - tiap sektor ekonomi untuk menghasilkan barang maupun jasa.

Namun, meski sebagian besar sektor ekonomi di Indonesia mengalami kontraksi atau penurunan kemampuan produksi barang maupun jasa selama pandemi, sektor pertanian adalah sektor yang tetap tahan banting dari kontraksi tersebut. Sektor pertanian justru tetap tumbuh positif selama masa pandemi covid-19. Berdasarkan informasi tersebut berarti peluang perekonomian Indonesia untuk bangkit dari efek pandemi ini masih terbuka lebar dari sektor pertanian. 

Salah satu contoh nyata penyebab sektor pertanian tidak terkontraksi atau tetap tumbuh selama masa pandemi covid-19 adalah meningkatnya total produksi padi di Indonesia. Jika dibandingkan dengan satu tahun sebelum terjadinya pandemi yaitu di tahun 2019, maka total produksi padi di Indonesia selama pandemi justru lebih baik.

Menurut publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis secara resmi pada tanggal 12 Juli 2021, tercatat bahwa pada tahun 2019 total produksi padi di Indonesia adalah sebesar 54,61 juta ton sedangkan pada tahun 2020 total produksi padi di Indonesia adalah sebesar 54,65 juta ton atau meningkat sebesar 0,08% dibandingkan tahun 2019.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.