Pentingnya Keterampilan Negosiasi dan Lobi pada Perusahaan

Lobi dan negosiasi pada perusahaan
Lobi dan negosiasi pada perusahaan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebuah perusahaan yang sukses memerlukan kontribusi dari public relation (PR) atau humas. Tugasnya adalah melakukan pendekatan, memahami segala keperluan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan kepada masyarakat.

Juga seorang public relation wajib memiliki keterampilan dalam lobi dan negosiasi untuk kesuksesan perusahaan.

Public relation berperan sebagai komunikator perusahaan, maka Anda harus memiliki ide yang kreatif, mempunyai kemampuan menyusun program PR, menyampaikan pesan dari perusahaan ke masyarakat, serta menyelesaikan masalah secara inovatif. Dilaksanakannya dapat melalaui secara langsung ataupun tidak langsung.

Tujuan PR melakukan lobi adalah untuk menciptakan hubungan dengan berbagai pihak yang memiliki pengaruh di berbagai bidang kehidupan, mempengaruhi dan menyakinkan pihak-pihak yang terkait yang sesuai dengan kepentingan, menempatkan posisi tawar-menawar pada tempat yang menguntungkan namun tidak merugikan pihak lainnya.

Lobi adalah suatu upaya pendekatan yang dilakukan oleh satu pihak yang memiliki kepentingan tertentu untuk memperoleh dukungan dari pihak lain yang memiliki pengaruh atau kewenangan dalam upaya pencapaian tujuan yang ingin dicapai.

Sedangkan, menurut A.B. Susanto, melobi pada dasarnya merupakan usaha yang dilaksanakan untuk mempengaruhi pihak-pihak yang menjadi sasaran agar terbentuk sudut pandang positif terhadap topik lobi.

Kegiatan-kegiatan lobi menurut  Grunig dan Hunt (1984)

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.