Pentingnya Sopan Santun di Dalam Kehidupan

Pentingnya sopan santun didalam kehidupan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Indonesia terkenal dengan budaya sopan santunnya dalam berbicara dan beretika. Hal ini sudah diterapkan oleh leluhur terdahulu. Dengan menunjukkan sikap sopan dan santun kepada siapapun. Seseorang dapat dihargai dan disenangi oleh orang lain di manapun berada.

Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi

Karena pada hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam menjalankan kehidupan. Dalam kehidupan bersosialisasi sesama manusia, tentu memiliki norma-norma atau etika-etika dalam berinteraksi dengan orang lain .

Namun belakangan ini banyak sekali orang yang menganggap sopan santun sebagai hal yang disepelekan, tetapi tidak dipraktikan di dalam kehidupan.

Pertamina Bebastugaskan Karyawannya yang Viral Parkir Sembarangan dan Meludah Saat Ditegur

Seperti melawan orang tua, berkata kasar kepada siapapun, dan menyakiti perasaan orang lain. Sangat disayangkan hal ini sering terjadi di kehidupan. Padahal banyak sekali manfaat sopan santun untuk diri sendiri dan diri orang lain.

Dalam hal ini sopan santun timbul dari suatu pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari. Sopan santun harus diterapkan di mana saja tempat kita berada, sesuai dengan kondisi lingkungan, waktu, dan tempat. Untuk itu, mari kita menjaga sopan dan santun kepada siapapun dan di manapun. Semakin kita bisa menghormati orang lain, hidup menjadi lebih sejahteran dan damai.

Keras! Yusril Sindir Romo Magnis: Bicara Tanpa Data, Omong Kosong

Di dalam Islam, kita dianjurkan untuk saling menghormati satu sama lain. Karena di antara keindahan budi pekerti seseorang tercermin dalam perkataan yang diucapkan. Imam Syafi’i berkata “ Lidahmu jangan biarkan mengucapkan kekurangan orang lain, sebab kamu pun mempunyai kekurangan dan orang lain pun mempunyai lidah.” (Yoga Pratama, Mahasiswa FSH-UIN Syarif Hidayatulah Jakarta)

Ilustrasi Lebaran.

Enam Etika Silaturrahim

Karena silaturrahim merupakan ajaran pokok, Islam telah menetapkan etika tertentu tentangnya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.