Bahaya Penggunaan Doping Terhadap Kesehatan Atlet

ilustrasi himbauan stop doping
ilustrasi himbauan stop doping
Sumber :
  • vstory

VIVA – Olahraga dapat menunjang kesehatan apabila dijadikan rutinitas dan minimal dilakukan tiga kali seminggu untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Menurut ahli fisiologi, kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri terhadap latihan yang melelahkan dan dapat segera pulih dari kelelahan tersebut.

Olahraga bukan hanya sekadar kegiatan untuk menyehatkan tubuh, namun olahraga juga merupakan salah satu cabang perlombaan yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

Seseorang yang ahli dalam olahraga disebut dengan atlet. Atlet adalah olahragawan yang ikut dalam sebuah perlombaan atau pertandingan diikuti dengan latihan secara rutin dan bagian dari sebuah organisasi untuk memfasilitasi dalam kegiatan latihan.

Permasalahan yang muncul dalam dunia olahraga bukan hanya masalah internal saja seperti, pembinaan olahraga yang belum terarah dan terbatasnya sarana dan prasana olahraga. Namun, adapun masalah eksternal juga seperti, kekerasan, politik dan penggunaan doping.  Akhir- akhir ini isu yang sedang gencar dibicarakan yaitu penggunaan doping. Doping merupakan sebuah obat yang digunakan oleh atlet khususnya dalam perlombaan antar negara.

Apa itu doping? Doping adalah upaya meningkatkan prestasi dengan menggunakan zat atau metode yang dilarang dalam olahraga dan tidak terkait dalam indikasi medis (IOC, 1990).

Dalam dunia olahraga doping didefinisikan sebagai pemakaian atau penggunaan obat dari suatu bahan asing bagi tubuh, oleh seorang atlet, dengan cara atau jalan apapun, dengan tujuan utama meningkatkan kemampuan sebelum atau pada waktu pertandingan, secara artifisial dan tidak adil (C.K Giam dan K.C. The, 1992).

Indonesia sudah melarang atlet dalam penggunaan doping selain melanggar hukum, doping juga dapat merusak kesehatan bagi penggunanya. Menurut World Anti-Doping Agency, terdapat 6 kategori zat (substances) yang dilarang penggunaannya dalam olahraga, baik itu saat kompetisi ataupun di luar kompetisi :

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.