Digitalisasi Sistem Pengelolaan Zakat

Ilustrasi Ekonomi Islam
Ilustrasi Ekonomi Islam
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tahukan Anda, kini industri keuangan syariah sangat menarik untuk diteliti, terutama jika dibandingkan dengan kondisi industri keuangan konvensional yang telah lebih dahulu dikenal.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, prospek industri financial technology berbasis syariah di Indonesia memiliki potensi yang tinggi.

Secara keseluruhan, fintech di Indonesia memiliki potensi besar karena dapat memberikan solusi untuk kebutuhan mendesak yang tidak dapat disediakan oleh lembaga keuangan tradisional.

Selain itu, ledakan dalam penetrasi seluler 70 persen (penduduk menggunakan telepon seluler untuk mengakses web) di negara ini telah menciptakan lahan subur bagi peningkatan industri fintech.

Banyaknya penduduk muslim dan tingkat penggunaan teknologi yang tinggi oleh masyarakat menjadikan peluang besar untuk pengembangan praktik filantropi dalam tradisi islam melalui zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

Nah, dengan banyaknya jumlah muzaki tersebut, tentunya manajemen pengelolaan dana zakat tidaklah sederhana, maka pemanfaatan fintech dalam manajemen pengelolaan zakat mulai dari proses penghimpunan, pengelolaan, sampai penyaluran dana sudah semestinya dilakukan.
 

Potensi penerapan fintech dalam pengelolaan zakat

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.