Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0
Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pandemi Covid-19 hadir selayaknya pisau bermata dua bagi keberlangsungan organisasi saat ini. Dinamika yang dihadirkan menuntut organisasi untuk senantiasa beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Imbas yang pandemi hadirkan kerap kali menjadikan organisasi kewalahan, bahkan tidak sedikit pula yang tidak mampu bertahan. Meskipun demikian, organisasi yang memiliki resiliensi tinggi tentu dapat pula memanfaatkan momentum pandemi sebagai ajang akselerasi organisasi.

Salah satu organisasi publik yang mampu memanfaatkan momentum pandemi dengan baik adalah PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. melalui kehadiran BRIVolution 2.0. Akselerasi yang BRI jalankan tersebut dilandasi dengan dibentuknya dua visi utama yang ingin dicapainya yaitu dengan menjadi “The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia” dan “Champion of Financial Inclusion”.

Keyakinan untuk mencapai kedua visi tersebut pun bukan tanpa alasan. Konsistensi yang BRI berikan dalam menerapkan transformasi digital dan budaya sejak tahun 2020 menjadi langkah nyata yang BRI lakukan dalam mendorong terwujudnya pengembangan organisasi. Secara lebih lanjut, perwujudan pengembangan organisasi yang BRI jalankan dapat dilihat dari tiga langkah strategis sebagai berikut.

Menjalankan Perubahan Transformasional

Langkah strategis pertama yang BRI lakukan adalah dengan melakukan perubahan secara transformasional, khususnya dalam bidang digital. Merujuk pada pendapat Cummings & Worley (2008) perubahan transformasional berkaitan dengan pilihan yang dibuat organisasi untuk meningkatkan kinerja kompetitif mereka.

Sejalan dengan pendapat tersebut, perubahan yang BRI jalankan juga bertujuan untuk membangun keunggulan kompetitif BRI dibandingkan kompetitor sejenisnya.

Dalam pedoman BRIvolution 2.0, transformasi digital diwujudkan dengan membentuk BRIBRAIN dan BRIAPI yang merupakan platform berbasis Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, dan data security system dengan tujuan semakin meningkatkan kualitas layanan keuangan yang BRI miliki (Media Indonesia.com, 2021).

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.