Ruang Laktasi, Ruangan Kecil Ujung Tombak Bangsa

Sumber foto: wallpaperbetter
Sumber foto: wallpaperbetter
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sosok ibu memiliki peran yang besar di dalam negeri ini. Pasalnya, sosok ibu memiliki peran dalam memberikan nutrisi bergizi bagi anak yang baru lahir di dunia ini. Inisiasi Menyusui Dini (IMD) merupakan proses bagi bayi untuk menyusu segera setelah dilahirkan dan bayi mencari puting susu ibunya sendiri tanpa disodorkan ke puting susu.

Kegiatan IMD dapat membantu dalam memberikan ASI eksklusif sehingga sang ibu dapat memberikan ASI hingga 2 tahun dan kebutuhan gizi bayi terpenuhi.

Namun pemberian ASI eksklusif terhadap bayi tidak semuanya mampu dilakukan oleh para ibu di Indonesia. Hal ini disebabkan berbagai faktor sehingga para ibu kesulitan dalam memberikan ASI eksklusif.

Bahkan terdapat sebagian ibu yang hanya dapat memberikan ASI dalam jumlah sedikit dan mengandalkan susu formula. Akibatnya, sebagian bayi mengalami kekurangan gizi bahkan menderita stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) yang diakibatkan kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan.

Adapun anak yang mengalami stunting apabila panjang atau tinggi badannya berada di bawah minus dua standar deviasi panjang atau tinggi anak seumurannya (Badan Pusat Statistik, 2021).

Pada edisi tahun 2021, UNESCO merilis laporan level malnutrisi anak. Pada laporan tersebut menjelaskan bahwa diperkirakan terdapat 149,2 juta anak-anak yang menderita stunting. Angka tersebut setara dengan 22 persen anak-anak balita di dunia pada tahun 2020. Adapun di Indonesia, diperkirakan sebesar 31,8 persen anak mengalami stunting. Oleh karena itu, Indonesia memperoleh predikat very high (sangat tinggi).

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.