Tantangan Dunia Pendidikan di Era Pandemi Covid-19

sumber : shehah safitri
sumber : shehah safitri
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pandemi Covid-19 merupakan salah satu wabah atau penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Covid-19 ini menyebar ke seluruh penjuru dunia dan berdampak kepada berbagai sektor kehidupan,  termasuk sektor pendidikan.

Pendidikan merupakan suatu bentuk proses pembelajaran tentang pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah atas, dan kemudian Perguruan Tinggi Universitas. 

Berbicara tentang pendidikan, Indonesia memiliki penduduk terbesar ke empat terbesar di dunia dengan tingkat pendidikan yang rendah. Apalagi dalam pandemi Covid seperti ini, lalu apa saja yang menjadi tantangan dunia pendidikan di era pandemi ini? 

Dalam pandemi Covid-19 ini, pendidikan menjadi salah satu tantangan besar yang harus dihadapi oleh kalangan guru, dosen, pelajar, maupun orang tua.

Meskipun begitu, tantangan besar ini justru memberi dampak positif bagi para setiap kreativitas individu, yaitu menjadikan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan serta menggunakan teknologi, di mana dengan cara tersebut adalah sebuah bentuk gambaran yang akan terjadi pada kelangsungan proses belajar mengajar di masa depan.

Namun dalam sisi negatifnya, teknologi ini secara tidak langsung akan menggantikan peran guru dan dosen terhadap siswanya, serta akan menjadi kurangnya interaksi antara guru dan pelajar. 

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.