Kurikulum Merdeka Sebagai Reformasi Sistem Pendidikan di Indonesia

Ilustrasi Pendidikan. (Sumber: Istimewa)
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makariem meluncurkan kurikulum merdeka. Kurikulum ini akan mulai digunakan pada tahun ajaran 2022/2023 mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA.

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Langkah ini ditempuh sebagai upaya pemulihan atas ketertinggalan pembelajaran akibat wabah pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh Negara termasuk Indonesia.

Bagaimanapun pandemi Covid-19 telah membawa dampak merusak seluruh jaringan kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini merupakan ancaman yang serius karena seperti yang dikatakan duta baca Indonesia yakni Nazwa Shihab, ia berkata bahwa hanya pendidikan yang bisa menyelematkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan.

Kembangkan Kompetensi Guru Lewat Platform Merdeka Mengajar

Perlu diingat bahwa bunyi dari Pasal 31 ayat (1) UUD 1945 BAB XIII menyatakan: “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Hal ini secara eksplisit menyatakan bahwa Negara memerintahkan melalui perangkat pemerintahnya untuk menjamin pendidikan bagi seluruh warga negara tanpa terkecuali.

Lantas apa yang dimaksud dengan kurikulum merdeka? Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Pentingnya Memberikan Pendidikan Moral dan Karakter Anak Sejak Dini

Seberapa urgensikah penerapan kurikulum merdeka? Penulis mendapatkan sudah banyak penelitian studi nasional maupun internasional yang menunjukkan bahwa Indonesia teridentifikasi mengalami krisis pembelajaran (learning crisis) yang sudah terjangkit cukup lama. Penelitian ini menunjukan bahwa tak sedikit anak-anak di Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar.

Penulis menilai keadaan tersebut diperparah dengan suburnya pandemic covid-19, dengan demikian langkah perubahan sitematis yang dilakukan kemendikbud dengan melahirkan kurikulum merdeka merupakan jawaban untuk mengatasi krisis serta tantangan dari akibat covid-19 terhadap pendidikan di Indonesia.

Adapun haluan arah perubahan yang coba diraih dalam kurikulum merdeka ini tak terlepas dari 4 hal, kesatu struktur kurikulum yang lebih fleksibel, jam pelajaran ditargetkan untuk dipenuhi dalam satu tahun, kedua fokus pada materi yang esensial, capaian pembelajaran diatur per fase, bukan per tahun, ketiga memberikan keleluasaan bagi guru menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik, keempat aplikasi yang menyediakan berbagai referensi bagi guru untuk dapat terus mengembangkan praktik mengajar secara mandiri dan berbagi praktik baik.

Untuk menggapai hal di atas Kemendikbudristek pun tidak serampangan, kurikulum merdeka ini didukung pula oleh platform merdeka mengajar yang menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum merdeka.

Selain itu, platform merdeka mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi para guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun.

Adapun langkah yang dilakukan Kemendikbudristek dalam meluncurkan Kurikulum Merdeka merupakan langkah yang baik untuk menuju kesempurnaan sistem pendidikan di Indonesia, karena seperti yang dikatakan oleh Nelson Mandela bahwa Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.