Inovasi Aplikasi Kesehatan untuk Mencegah Penyakit Tidak Menular

DIRMIF Aplikasi Kesehatan
DIRMIF Aplikasi Kesehatan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Salah satu masalah yang dihadapi Indonesia sebagai negara dalam pembangunan kesehatan adalah Penyakit Tidak Menular (TPM). Berdasarkan laporan dari data WHO tahun 2015 menunjukan bahwa 70% kematian di dunia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular yaitu sekitar 39,5 juta dari 56,4 kematian.

Tingginya prevelensi penyakit tidak menular membawa dampak terhadap penurunan produktivitas sehari-hari. Kematian terbanyak akibat penyakit kardiovaskular di sebabkan oleh PTM dengan jumlah 17,3 juta per tahun, kemudian dilanjutkan oleh kanker dengan jumlah 7,6 juta, penyakit pernapasan  dengan jumlah 4,2 juta, dan DM dengan jumlah 1,3 juta.

Keempat penyakit inilah yang menyebabkan sekitar 80?ri semua kematian yang disebabkan oleh PTM. Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang tidak dapat ditularkan melainkan penyakit yang berasal dari perilaku atau gaya hidup. Penyakit Tidak Menular (PTM) meliputi kardiovaskuler, kanker, penyakit pernapasan kronis, dan diabetes.

Dalam pencegahan PTM dapat dilakukan dengan berbagai upaya, baik dimulai dari promotif dan preventif. Upaya pencegahan adalah upaya yang paling pertama untuk mencegah suatu penyakit.

Banyak upaya dan program inovasi yang bertujuan untuk menekan angka kejadian penyakit yang di sebabkan oleh PTM. Salah satunya adalah inovasi aplikasi kesehatan yang bernama DIRMIF.

DIRMIF merupakan singkatan dari (Devi Intan Risma Melizha Ikrila Firas) sebuah aplikasi smartphone yang memuat  berbagai  informasi digital tentang upaya pencegahan - pencegahan Penyakit Tidak Menular mulai dari kebutuhan gizi, kebutuhuhan kalori, tekanan darah, Indeks Masa Tubuh (IMT) sampai fakta dan mitos menarik seputar kesehatan.

Aplikasi ini diciptakan oleh beberapa mahasiswa Prodi Kesehatan Masyakarat Universitas Indonesia Maju angkatan 2018. Tujuan diciptakannya aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kepedulian, pengetahuan dan kemandirian dalam upaya meningkatkan kesehatan dan mencegah terjadinya Penyakit Tidak Menular.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.