Inovasi Aplikasi Kesehatan untuk Mencegah Penyakit Tidak Menular

DIRMIF Aplikasi Kesehatan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Salah satu masalah yang dihadapi Indonesia sebagai negara dalam pembangunan kesehatan adalah Penyakit Tidak Menular (TPM). Berdasarkan laporan dari data WHO tahun 2015 menunjukan bahwa 70% kematian di dunia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular yaitu sekitar 39,5 juta dari 56,4 kematian.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Tingginya prevelensi penyakit tidak menular membawa dampak terhadap penurunan produktivitas sehari-hari. Kematian terbanyak akibat penyakit kardiovaskular di sebabkan oleh PTM dengan jumlah 17,3 juta per tahun, kemudian dilanjutkan oleh kanker dengan jumlah 7,6 juta, penyakit pernapasan  dengan jumlah 4,2 juta, dan DM dengan jumlah 1,3 juta.

Keempat penyakit inilah yang menyebabkan sekitar 80?ri semua kematian yang disebabkan oleh PTM. Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang tidak dapat ditularkan melainkan penyakit yang berasal dari perilaku atau gaya hidup. Penyakit Tidak Menular (PTM) meliputi kardiovaskuler, kanker, penyakit pernapasan kronis, dan diabetes.

The United Nations Aid Chief to Step Down for Health Reasons

Dalam pencegahan PTM dapat dilakukan dengan berbagai upaya, baik dimulai dari promotif dan preventif. Upaya pencegahan adalah upaya yang paling pertama untuk mencegah suatu penyakit.

Banyak upaya dan program inovasi yang bertujuan untuk menekan angka kejadian penyakit yang di sebabkan oleh PTM. Salah satunya adalah inovasi aplikasi kesehatan yang bernama DIRMIF.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

DIRMIF merupakan singkatan dari (Devi Intan Risma Melizha Ikrila Firas) sebuah aplikasi smartphone yang memuat  berbagai  informasi digital tentang upaya pencegahan - pencegahan Penyakit Tidak Menular mulai dari kebutuhan gizi, kebutuhuhan kalori, tekanan darah, Indeks Masa Tubuh (IMT) sampai fakta dan mitos menarik seputar kesehatan.

Aplikasi ini diciptakan oleh beberapa mahasiswa Prodi Kesehatan Masyakarat Universitas Indonesia Maju angkatan 2018. Tujuan diciptakannya aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kepedulian, pengetahuan dan kemandirian dalam upaya meningkatkan kesehatan dan mencegah terjadinya Penyakit Tidak Menular.

Target dari aplikasi ini adalah semua kalangan usia produktif. Aplikasi kesehatan ini memiliki berbagai fitur yang berguna untuk memonitoring kesehatan tubuh. Fitur-fitur itu diantaranya adalah informasi kebutuhan gizi dan kebutuhan kalori ini berguna dalam menentukan kandungan dan kebutuhan gizi yang di perlukan dalam tubuh, dalam aplikasi ini terdapat beberapa gambar makanan dan jumlah kandungan gizi di dalamnya serta ada nya perhitungan kalori berdasarkan aktivitas olahraga yang dapat mengetahui kebutuhan kalori kita per harinya hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit obesitas.

Selanjutnya fitur Tekanan darah ini adalah fitur penting untuk mengetahui klasifikasi tekanan darah mulai dari Normal, Pra Hipertensi sampai Hipertensi ini dapat memudahkan kita untuk mengontrol tekanan darah sehingga tekanan dalam darah kita dapat di kontrol dan dapat terhindar dari penyakit jantung coroner.

Fitur selanjutnya adalah fitur aktivitas fisik terdapat beberapa gerakan yoga yang dapat dilakukan di manapun dan kapanpun lengkap dengan penjelasan manfaatnya kemudian ada fitur Pedometer, Pedometer ini berguna untuk menghitung setiap langkah kaki dan dapat memonitoring berapa banyak langkah setiap harinya.

Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur IMT (Indeks Masa Tubuh) fitur ini dapat digunakan sebagai acuan dalam mencapai tubuh yang sehat. Terakhir ada fitur informasi seputar mitos dan fakta mengenai kesehatan memuat informasi terkait kesehatan serta mengetahui fakta dan mitos dari info kesehatan yang beredar di masyarakat. Aplikasi kesehatan ini memiliki berbagai keunggulan yang bermanfaat dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular.

Meski begitu sayangnya, aplikasi ini baru bisa diakses pada perangkat Android, belum bisa untuk prangkat IOS.

Aplikasi kesehatan ini merupakan terobosan dari program upaya preventif dalam era digital yang memudahkan kita dalam mencari informasi dan memonitoring sendiri kesehatan tubuh kita. Diharapkan ada nya aplikasi ini dapat memudahkan kita untuk melakukan upaya preventif dalam mencegah penyakit tidak menular karena sehat di mulai dari keinginan dan kemauan kita sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.