Inovasi Pelayanan Kesehatan Ojek Darah Online

unsplash.com
unsplash.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa darah merupakan salah satu yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia, yang mana memiliki fungsi untuk mengambil oksigen dari paru-paru dan disebarkan ke semua sel tubuh. Pemenuhan kebutuhan darah merupakan salah satu upaya menyelamatkan nyawa seseorang dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Berdasarkan UU No. 36 Tahun 2009, Pelayanan transfusi darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang menggunakan darah manusia sebagai bahan dasarnya untuk tujuan kemanusiaan daripada tujuan komersial.

Di Indonesia, pelayanan tranfusi darah masih belum optimal dan banyak permasalahan yang perlu diatasi. Padahal transfusi darah mempunyai peran penting apabila terjadi kegawatdaruratan pada nyawa pasien dan juga sebagai salah satu upaya medis dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan sehingga menuntut tersedianya darah yang aman dan terjangkau masyarakat.

Namun memasuki situasi pandemi, pasien yang membutuhkan darah belum terpenuhi secara maksimal dikarenakan kebijakan pembatasan sosial atau phsyical distancing sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Adanya hal tersebut tentu sangat berdampak terhadap ketersediaan stok darah di rumah sakit tidak mampu tercukupi sehingga mengakibatkan tidak terpenuhinya layanan persediaan darah untuk masyarakat yang membutuhkan serta mengakibatkan nyawa pasien yang membutuhkan juga terancam.

Di Pulau Jawa tepatnya Kabupaten Lamongan, setelah mengalami lonjakan Covid-19 khususnya di RSUD Ngimbang mengalami kesulitan dalam pelayanan transfusi darah karena letak geografis Rumah Sakit Ngimbang dan belum adanya Bank Darah Rumah Sakit (BDRS).

Dengan permasalahan tersebut, maka perlu adanya inovasi pelayanan publik sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Masyarakat Kabupaten Lamongan juga mempunyai harapan tinggi kepada pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang optimal.

Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Lamongan menciptakan sebuah inovasi Ojek Darah Online (ODO).

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.