Home Care Sebuah Terobosan Inovasi Pelayanan Kesehatan Keluarga

Memahami Dengan Menggunakan HomeCare
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pelayanan kesehatan di rumah adalah merupakan salah satu dari pelayanan kesehatan yang dilakukan di dalam keluarga untuk meningkatkan dan juga mempertahankan kesehatan bagi keluarga itu sendiri.

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Pelayakan kesehatan di rumah dikenal dengan nama Home Care. Home Care ini penyelenggaran pelayanan kesehatan di rumah yang harus berkualitas tanpa adanya melanggar standar mutu pelayanan profesi.

Tujuan dari Home Care ini sendiri untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan dan juga memaksimalkan tingkat kemandirian pasien.

Warna Ini Bikin Ruangan Terasa Menyatu dengan Alam

Bagi pasien lingkungan yang berada di rumah akan terasa lebih nyaman dibandingkan dengan melakukan perawatan di rumah sakit. Hal ini sangat berpengaruh pada proses penyembuhan pasien yang berkeinginan ingin sembuh karena mereka merasa nyaman dan bahagia jika pasien dirawat di rumah.

Selain itu Home Care ini juga bisa membantu masyarakat yang sedang mengalami keterbatasan untuk membiayai pelayanan kesehatan, khususnya untuk kasus penyakit pada pasien yang memliki penyakit degenerative yang memerlukan perawatan yang sangat lama.

Peringkat UI Terbaik di Indonesia Berdasarkan Pemeringkatan Scimago

Perkembangan dari Home Care di Indonesia ini sudah sangat berkembang sehingga sudah banyaknya masyarakat yang tahu terhadap Home Care dan mencoba untuk menggunakan jasa pelayanan Home Care yang telah disediakan di rumah sakit pemerintah ataupn swasta.

Layanan Home Care ini menjadi salah satu alternatif untuk pasien yang kondisi sakit, dalam arti di antaranya yaitu tidak sanggup untuk mendatangi ke rumah sakit, tetapi mereka harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang memenuhi standarnya.

Sama halnya dengan pasien yang kondisinya itu sudah lemah atau kondisinya yang memang harus bergantungan dengan alat medis, maka dari itu pasien dan keluarga sangat berharap untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di tempat tinggalnya.

Pasien yang mendapatkan pelayanan keperawatan di rumah, yaitu dapat rujukan dan klinik rawat jalan maupun puskesmas, namun pasien bisa menghubungi langsung agensi pelayanan keperawatan di rumah atau praktik keperawatan perorangan untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan.

Home Care ini merupakan bentuk pelayanan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative, maka dari itu untuk pelayanan ini hanya dapat dilakukan oleh pemberi layanan yang sudah memiliki kompetensi dan kewenangan.

Dari Home Care ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya itu proses perawatan terjamin, karena perawat Home Care ini memiliki keahlian yang sama dengan perawat – perawat lainnya sehingga proses dari perawat Home Care akan terjaga karena ditangani oleh ahlinya.

Dan kelebihan lainnya dari Home Care, pasien memiliki waktu yang sangat fleksibel, jadi bagi kita yang memiliki banyak kesibukan atau kerjaan menggunakan Home Care ini sangat cocok sekali untuk kita.

Selain itu, Home Care ini juga bisa hemat biaya. Berbeda dengan pasien dirawat di rumah sakit pemerintah ataupun swasta. Jadi kalau Home Care ini hanya perlu membayar jasa perawatnya saja.

Adapun kekurangan bagi Home Care, yaitu kurangnya pemantauan dari tenaga medis secara maksimal. Jadi perawatan di rumah tidak ada tim medis yang akan membantu menanganinya, sehingga jika pasien meminta bantuan harus memerlukan waktu yang lama.

Selain itu, kadang pasien tidak cocok dengan perawatnya, dikarenakan semua perawat pasti dari segi karakter dan sifatnya itu pasti berbeda. Jadi itulah kekurangan dan kelebihan dari Home Care. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.