Cek Kesehatan Anda Hanya dengan Gunakan Jam Tangan Pintar

https://pixabay.com/id/users/fitnishmedia
https://pixabay.com/id/users/fitnishmedia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kemajuan teknologi yang ada tentu sangat memudahkan kita untuk selalu meningkatkan kesadaran tentang kesehatan. Teknologi yang terus berkembang ini membantu mengetahui ancaman dan bahaya yang ada dalam tubuh kita sehingga tindakan dan pencegahan pun dapat dilaksanakan dengan lebih dini.

Pada saat ini sudah ada hampir 1 juta orang orang yang memakai jam tangan pintar untuk memantau kesehatan mereka. Hanya dengan memakai jam tangan dan aplikasi yang sudah terhubung, para pengguna dapat mengecek elektrokardiogram atau irama jantung dan tekanan darah lewat aplikasi yang tersedia.

Kapan dan di mana saja mereka dapat melakukan pemantauan kesehatan dengan mudah karena perangkat ini melakukan analisis melalui gelombang nadi yang dipantau dengan sebuah sensor heart rate monitoring.

Penderita darah tinggi atau hipertensi kadang kala selalu dikaitkan dengan penyakit lain yaitu penyakit ginjal, jantung dan otak jika tidak terdeteksi secara dini maka akan mengarah pada penyakit yang lebih parah lagi yaitu seperti stroke dan jantung koroner. Biasanya para penderita tersebut harus lebih ketat dalam memantau kesehatannya, maka dari itu jam tangan pintar ini dirasa memungkinkan mereka untuk dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan dan bisa membantu tatalak sana penanganan lebih dini.

Tetapi terlepas dari sisi baiknya pasti ada dampak yang kurang baik dalam teknologi yang terus berkembang, khususnya dalam jam tangan pintar ini.

Dapat terdeteksinya irama jantung dan tekanan darah seringkali menimbulkan kepanikan si pengguna. Oleh karena itu, pengguanaan jam tangan pintar harus dibarengi dengan tenaga medis khususnya dokter. Intinya jika memutuskan memakai jam tangan pintar, kita harus memakainya dengan bijak dan pintar juga.

Saat ini ada banyak sekali merek jam tangan pintar untuk memantau kesehatan mulai dari apple,  Samsung, Fitbit Sense, AliveCor dan lain lain. Harganya memang tidak murah, namun jam tangan pintar dapat membantu memantau gejala yang abnormal pada tubuh dan bisa jadi sebuah investasi kesehatan yang tidak ternilai harganya.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.