Peran Orang Tua dalam Mendukung Pendidikan Anak

ilustrasi kekerasan
ilustrasi kekerasan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Orang tua mempunyai peranan yang sangat vital bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Anak yang lahir dari keluarga yang berpendidikan akan membentuk perilaku anak yang lebih baik masa depannya.

Sejatinya madrasah pertama bagi seorang anak adalah di lingkungan keluarganya. Di keluarga inilah tingkah laku anak dapat dibina dan ditata agar lebih siap menghadapi kenyataan hidup nantinya.

Anak yang lahir dari keluarga yang sederhana tentunya berbeda dengan anak yang dilahirkan dari keluarga yang berada. Mulai dari cara berbicara, berpenampilan bahkan berpakaian. Hal tersebut tentunya dibentuk oleh orang tua yang mengajarkannya dari sejak kecil.

Begitu pula dengan pendidikan, anak yang lahir dari keluarga yang berpendidikan sudah pasti orang tuanya mengarahkan anaknya untuk ke jalan yang lebih baik demi menggapai impian dan masa depan yang dicita-citakan.

Pendidikan bagi seorang anak amatlah penting, karena dengan pendidikan kita bisa melihat dunia lebih luas. Anak yang lahir dari keluarga yang berpendidikan tentunya berbeda dengan anak yang lahir dari keluarga yang tidak berpendidikan.

Orang tua harus mengetahui apa yang diinginkan oleh anaknya, jangan hanya menasihati dan memberi saran tetapi juga harus tahu apa yang ingin digapai oleh anak-anaknya.

Sejatinya pola perilaku anak mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh orang tuanya sejak kecil. Kalau orang tuanya mengajarkan hal-hal yang baik tentunya anak pun akan menirunya, tetapi jika orang tua mencontohkan anaknya hal-hal buruk, maka anakpun akan mengikutinya.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.