Anniversary 30 Years Of Dewa 19 Kembali ke Kampung Halaman

Ello, Ari Lasso & Virza (dari kiri)
Sumber :
  • vstory

VIVA - 1992 adalah tahun bersejarah bagi Dewa 19, bagaimana tidak? Band jebolan Kota Pahlawan ini menelurkan karya untuk kali pertama tepat pada tahun tersebut dengan single hitz Kangen. Ya, langsung meledak di pasaran.

Menikmati Suara Marcello Tahitoe Bersama Dewa 19

Pada tahun 2022 ini, Dewa 19 memperingati hari jadinya yang ke 30 tahun bersama sang vokalis pertama yakni Ari Lasso, Virza hingga Ello. Konser tersebut bertajuk “Anniversary 30 Years of Dewa 19 - 30 Tahun, 30 Kota dan 30 Lagu”.

Tentu para Baladewa (read- penggemar Dewa 19) sudah siap menyambut kedatangan band yang dipelopori oleh mastermind Ahmad Dhani. Dalam membuka pagelaran tour panjang 30 kota tersebut, Surabaya dipilih sebagai kota pertama, sebagai tempat kelahiran Dewa 19 maupun para personilnya.

Viral Jukir Liar di Alfamart Rusak Mobil Pelanggan, Polisi Tetapkan Tersangka

Ello bersama Virzha menjadi frontman opening pada konser yang turut dihadiri oleh Wakil Guberner Jawa Timur, Emil Dardak bersama sang istri Arumi Bachsin beserta pemangku wilayah setempat. Ello dan Virza memang layak didapuk menjadi striker, suara rock keduanya sudah tak perlu diragukan. Membuka dengan lagu Selamat Pagi, Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi dan yang paling teramat langka, Dewa bersama kedua penyanyi muda tersebut menyanyikan lagu Still I’m Sure We Love Again ciptaan mendiang Erwin Prastya sang bassist pertama Dewa.

Ahmad Dhani seperti tidak kehilangan insting, saat menggaet Ello untuk menjadi vokalis tambahan bagi Dewa, walau hanya dalam format featuring. Melalui tangan dinginnya lah lagu-lagu yang hitz di era Ari Lasso dan Once digubah sedemikian menarik, dengan kharakteristik masing-masing vokalis. Aransemen yang mewah, mahal.

Berencana Kuasi Reorganisasi, BUMI Bakal Gelar RUPST dan RUPSLB

Lagu demi lagu dibawakan oleh Virza dan Ello bergantian dalam event yang dipromotori oleh Antara Suara tersebut, yang tak kalah diikuti oleh semua penonton yang hadir. 3 kategori tiket yang dijual, ludes (read- Habis) sebelum hari -H, memang layak Band ini dikategorikan legendaris. Tiket NFT Baladewa Terbaik yang hanya tersedia 30 buah, dibandrol dengan harga 5 juta. Tiket NFT Baladewa VIP seharga 2 Juta dan tersisa kategori Festival/Tribune senilai 5 ratus ribu rupiah, tak satu pun tersisa.

Legacy yang ditanamkan Dewa 19 bagi penggemar melalui karya-karyanya, adalah jawaban mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk sebuah pertunjukan musik.

Grand City Convention Hall, Surabaya menjadi saksi dalam sejarah, pasalnya Ari Lasso turut hadir meramaikan panggung Anniversary 30 Years of Dewa, walau ia baru dinyatakan sembuh dari cancer yang dideritanya sejak 9 bulan terbaring melawan sakit. Pancaran matanya berbinar, tampak kebahagiaan yang dalam dari pria yang kini memiliki model rambut cepak tersebut. Ya, cepak dan tetap berkharisma, ahjusi - teriak penonton milenial di depan panggung. “Ya opo kabare rek, berkat doa kalian saya bisa kembali bernyanyi di kampung halaman ini, dan peringati Dewa 30 tahun” sapanya yang diiringi gemuruh tepuk tangan dan sorakan para penggemar

Sayatan gitar Andra Ramadhan selalu menjadi part yang dinantikan, alunan melodi yang dimainkan layaknya sebuah lagu, bisa dinyanyikan. Iringan denting piano sang pentolan, Ahmad Dhani juga tak kalah penting. Saling melengkapi, terbukti dalam Lagu Tak Kan Ada Cinta Yang Lain yang dinyanyikan oleh Ello sangat ciamik, menjadi perpaduan musik yang melankolis.

“Ahmad Dhani sangat konsisten, mengirimi doa dan motivasi bagi saya untuk terus bangkit melawan sakit selama 9 bulan,” tutur Ari Lasso seraya memanggil Ello dan Virza

Separuh Nafas dan Kamulah Satu-Satunya menjadi lagu penutup kick-of Anniversary 30 Years of Dewa tersebut. Sebelum mengakhiri gelaran musik pembawa hits Kangen tersebut, bukan Ahmad Dhani kalau tidak memberikan celetukan khasnya. Ia berpesan dan meminta kepada seluruh Baladewa untuk menuliskan pesan dan kesan di papan yang telah disediakan, kelak akan dijadikan sebuah lagu yang tersusun dari berbagai kata-kata yang ditulis. “Temanya jangan ada kata Lo Gue, masa Suroboyo Lo Gue, Harusnya Jancuk,” disambut gelak tawa yang menggema di Hall berlantai 3 itu.

Berbagai lagu yang telah dibawakan, tentu menjadi obat atas kerinduan penggemar Dewa di Surabaya. Dilaksanakan pada hari Jumat (27/05), masih dalam suasana bahagia bagi ADP beserta keluarga, diketahui bersama sehari sebelumnya Pemilik lagu Sedang Ingin Bercinta ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke setengah abad. Tentu, di akhir acara masih tersisa keriuhan potong kue dan nyanyian ulang tahun bagi pria yang bagi orang kebanyakan disebut arogan, namun jenius dalam karya.

Keberhasilan dan kesuksesan konser yang juga bertema Reuni ini, akan segera dilanjutkan di Kota Semarang, Medan, Palembang, Samarinda, Makassar dan Kota lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.