Belajar Mencintai Diri Sendiri

Pixabay
Sumber :
  • vstory

Apa arti mencintai diri sendiri bagi Anda

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Mencintai diri sendiri berarti melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri setiap hari

Mencintai diri sendiri sangat penting, tetapi itu juga merupakan proses yang membutuhkan waktu.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Seperti yang kita semua ingin katakan bahwa Anda dapat secara ajaib berubah menjadi seseorang yang mencintai diri sendiri dalam semalam, faktanya mencintai diri sendiri membutuhkan waktu dan usaha dan itu tidaklah mudah.

Meskipun demikian, jika Anda sedang berjuang dengan kebencian diri atau keraguan diri, ada cara untuk membawa lebih banyak cinta ke dalam hidup Anda dan mulai melihat diri Anda dalam cahaya yang lebih positif! Saya di sini untuk berbagi dengan Anda beberapa cara yang telah saya pelajari dari waktu ke waktu telah membantu saya belajar bagaimana benar-benar mencintai diri sendiri dengan lebih baik setiap hari.

Ramalan Zodiak Selasa 23 April 2024: Cancer Merasa Stres, Pisces Kesulitan Finansial

Mencintai diri sendiri berarti memaafkan diri sendiri atas kesalahan masa lalu.
Kita semua membuat kesalahan, dan beberapa dari kesalahan itu bisa terasa seperti membebani kita selamanya.

Misalnya, mungkin Anda tidak mengerjakan ujian dengan baik seperti yang Anda inginkan. Atau mungkin Anda mengatakan sesuatu yang jahat kepada seseorang yang kemudian merasa terluka karenanya.

Mungkin bahkan lebih buruk dari itu: mungkin ada saat ketika Anda melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai Anda dan sekarang sangat menyesalinya.

Tetapi jika pengalaman-pengalaman ini tidak ditangani dengan benar, mereka dapat memiliki efek yang bertahan lama pada kehidupan kita dan dalam banyak kasus, cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan memaafkan.

Memaafkan diri sendiri adalah tindakan mencintai diri sendiri; itu memungkinkan Anda untuk bergerak maju tanpa membawa masa lalu lama yang tidak lagi berfungsi atau tidak memiliki nilai lagi (jika demikian, mengapa kami belum membuangnya?).

Itu berarti belajar dari pengalaman Anda alih-alih memikirkannya sampai mereka membebani setiap aspek kehidupan Anda dan terus menghambat pertumbuhan hingga dewasa.

Mencintai diri sendiri berarti memberi diri Anda ruang untuk beristirahat dan bersantai di penghujung hari yang sibuk.

Memberi diri Anda ruang untuk beristirahat dan bersantai di penghujung hari yang sibuk akan membantu Anda memulihkan tenaga, sekaligus memberikan kesempatan untuk merawat diri.

Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang rumit cukup luangkan waktu untuk menyendiri dengan pikiran Anda.

Mandi air panas atau pancuran, nyalakan lilin di kamar tidur Anda dan dengarkan musik santai sambil membaca buku atau mendengarkan buku audio.

Atau mungkin Anda suka meringkuk di sofa dengan Netflix; jika demikian, pastikan Anda menjaga diri sendiri dengan memilih acara yang menginspirasi hal positif dan mempromosikan hidup sehat.

Apa pun yang membantu Anda bersantai setelah bekerja (dan mungkin sebelum tidur), pastikan itu bagian dari rutinitas harian Anda.

Mencintai diri sendiri berarti mengenali kekuatan Anda sendiri dan mengetahui bahwa Anda mampu mencapai apa pun yang ingin Anda capai.

Mencintai diri sendiri berarti mengenali kekuatan Anda sendiri dan mengetahui bahwa Anda mampu mencapai apa pun yang ingin Anda capai.

• Kenali kekuatan Anda. Apakah Anda pandai memperbaiki mobil? Apakah Anda seorang juru masak yang sangat baik? Apakah orang-orang datang kepada Anda untuk meminta nasihat tentang kehidupan cinta mereka? Apakah ada hal-hal yang membuat hidup lebih menyenangkan bagi orang lain yang tampaknya hanya ada karena Anda ada (seperti pesta dansa atau festival musik)? Apa pun itu, kenali dan banggalah dengan apa yang membentuk diri Anda.

• Ketahuilah bahwa meskipun orang lain tidak menghargai kualitas yang sama dalam diri mereka seperti yang seharusnya, mereka tidak tahu kekuatan di balik kualitas ini.

Anda mungkin memiliki teman yang telah melalui masa-masa sulit dan berpikir dia tidak cukup kuat tetapi dia tidak pernah perlu menjadi kuat sampai sekarang.

Terkadang yang dibutuhkan hanyalah satu kenangan dari masa lalunya atau satu pengalaman dengan seseorang yang menyakitkan hari ini agar kekuatan dan ketahanannya yang sebenarnya bersinar lagi!

Mencintai diri sendiri berarti menjadi sahabat terbaik Anda sendiri, apa pun yang terjadi dalam hidup.

Menjadi sahabat Anda sendiri berarti bersikap baik kepada diri sendiri. Bersikap baik kepada diri sendiri berarti jujur pada diri sendiri.

Jujur dengan diri sendiri berarti jujur tentang kekuatan dan kelemahan Anda.
Jujur tentang kekuatan dan kelemahan Anda berarti jujur tentang tujuan Anda.
Mencintai diri sendiri berarti melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri setiap hari
Mencintai diri sendiri adalah tentang melakukan hal-hal kecil untuk diri sendiri setiap hari.

Anda layak untuk dicintai dan dihargai, jadi perlakukan diri Anda dengan kebaikan dan rasa hormat. Berikut adalah beberapa ide:

• Beri diri Anda pujian! Pujilah rambut Anda, atau pakaian baru Anda, atau seberapa baik Anda melewati hari itu apa pun yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.
• Membeli bunga tanpa alasan sama sekali kecuali bunga itu mencerahkan hari Anda.
• Mandi busa dan nikmati sepenuhnya; rileks dan biarkan air hangat meredakan stres di tubuh dan pikiran Anda.
• Belilah buku baru yang kelihatannya menarik untuk dibaca saat Anda punya waktu (dan jika ada waktu sekarang, silakan!).

Perasaan memiliki sesuatu yang baru menunggu di keranjang Amazon saya membuat saya bersemangat untuk membaca lagi! Buku juga merupakan hadiah yang bagus jika ada orang lain dalam daftar Anda yang suka membaca.

Mencintai diri sendiri berarti menghabiskan waktu bersama orang-orang yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan peduli terhadap Anda.

Penting untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membuat Anda merasa baik tentang diri sendiri dan peduli tentang Anda.

Mereka bisa keluarga, teman, atau bahkan guru. Sangat penting untuk memiliki seseorang di sana yang mengerti apa artinya mencintai diri sendiri dan akan membantu membimbing Anda melalui proses belajar bagaimana mencintai diri sendiri.

Mereka juga bisa menjadi orang yang belum mengerti apa artinya mencintai diri sendiri, tetapi mau belajar dari orang lain yang sudah memulai perjalanan mencintai diri sendiri. Ini penting karena orang-orang di sekitar kita dapat membantu kita dalam banyak hal seperti memberi kita nasihat tentang bagaimana mereka telah mengatasi rintangan dalam hidup mereka atau hanya berada di sana untuk mendukung selama masa-masa sulit maupun saat-saat menyenangkan!

Mencintai diri sendiri berarti merawat tubuh Anda dengan benar.
Itu bisa terlihat seperti banyak hal yang berbeda itu bisa berarti makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, merawat kulit, rambut, gigi, dan kuku Anda.

Ini bisa berarti memperhatikan kesehatan atau kesehatan mental atau kesehatan emosional Anda (atau ketiganya!).

Jika Anda mencoba makan sehat tetapi tidak tahu bagaimana atau harus mulai dari mana? Tidak masalah! Ada banyak sumber daya yang luar biasa di luar sana untuk orang-orang yang ingin belajar tentang nutrisi yang tidak penuh dengan sains dan pseudosains yang buruk.

Salah satu yang bagus adalah Eat This Not That oleh majalah Men's Fitness. Mereka juga memiliki aplikasi dengan resep mudah yang membuat memasak di rumah menjadi sangat sederhana!

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memperlakukan Anda dengan benar itu penting.

Habiskan waktu dengan orang-orang yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Habiskan waktu bersama orang-orang yang peduli dengan Anda dan kesejahteraan Anda.

Habiskan waktu bersama orang-orang yang membuatmu tertawa, karena tertawa memang obat terbaik!

Dan terakhir, habiskan waktu bersama mereka yang mencintai dan menghormati Anda apa adanya sebagai individu manusia dan bukan hanya dalam hal apa yang bisa mereka dapatkan darinya untuk diri mereka sendiri.

Mencintai diri sendiri membutuhkan campuran perawatan diri dan belas kasih diri.

Mencintai diri sendiri adalah tentang memberi diri Anda perawatan, perhatian, dan nutrisi yang ingin Anda terima dari orang lain.

Perawatan diri adalah bagian penting dari mencintai diri sendiri karena memungkinkan Anda untuk merasa baik tentang siapa Anda dan bagaimana Anda memperlakukan tubuh Anda.

Self-compassion juga merupakan aspek penting dari mencintai diri sendiri karena itu berarti bahwa bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik atau ketika kita membuat kesalahan, kita harus memperlakukan diri kita dengan kebaikan daripada rasa malu atau kritik.

Kita seharusnya tidak merasa bersalah untuk hal-hal seperti makan es krim terlalu banyak pada Jumat malam atau melewatkan satu hari di gym karena bos kita meminta kita untuk bekerja pada hari Sabtu; sebaliknya kita harus menerima keputusan ini sebagai bagian dari menjadi manusia dan memahami bahwa itu tidak membuat kita menjadi orang jahat.

Kesimpulan
Mencintai diri sendiri adalah proses seumur hidup yang membutuhkan perawatan diri dan belas kasih diri. Itu tidak mudah, tetapi itu sepadan dan itu bisa membuat semua perbedaan dalam hidup Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.