Inovasi Sebuah Teknologi di Dalam Pelayanan Kesehatan

salah satu bentuk dari teknologi
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Teknologi informasi pada saat ini sudah sangat berkembang dengan pesat. Berbagai macam hal sudah tidak bisa dipisahkan dengan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi banyak orang dibantu dan dipermudah dalam memproses suatu hal.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Era teknologi informasi saat ini telah bersentuhan dengan banyak bidang yang bersangkutan dengan segala kehidupan, salah satu diantaranya adalah bidang kesehatan. Penerapan teknologi informasi di bidang kesehatan ini dapat diyakinkan sebagai sumber informasi yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Salah satu keunggulan dari penggunaan teknologi ini masyarakat mendapatkan manfaat yang dapat diperoleh diantaranya seperti tersedianya informasi kesehatan pasien yang akurat dan komprehensif, sehingga pelayan masyarakat dapat memberikan berbagai kemungkinan perawatan terbaik yang dapat diberikan dengan adanya bantuan dari teknologi.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Membangun suatu sistem kesehatan yang cukup kuat di Indonesia yang sangat luas ini tentunya tidak semudah itu, kesenjangan yang terjadi pada para pelayanan kesehatan antara daerah yang masih sering ditemukan. Dengan begitu pemanfaatan teknologi digital ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam membantu di pelayanan kesehatan di masa kini hingga ke masa depan adalah sebuah keharusan, sehingga pemanfaatan teknologi digital kesehatan dapat berkembang dan membantu sistem teknologi kesehatan di Indonesia menjadi kuat.

Pandemi Covid-19 mendesak Pemerintah untuk melakukan sebuah inovasi dalam pelayanan kesehatan. Hal ini ditujukan karena masyarakat menginginkan mendapatkan layanan fasilitas kesehatan yang layak didapatkan oleh masyarakat.

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

 Dengan begitu, Pemerintah membuat sebuah pergerakan dengan menghadirkan sebuah layanan Telemedicine di bidang kesehatan yang akan diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia, kehadiran layanan Telemedicine di Indonesia adalah salah satu jawaban dari Pemerintah untuk masyarakat yang berada di wilayah-wilaya tertentu dengan keterbatasan akses dalam menerima layanan kesehatan.

Ditambah Pandemi Covid-19, membuat masyarakat semakin sulit mengakses layanan. Hal tersebut yang menjadikan sebuah dorongan untuk Pemerintah dalam menghadirkan layanan Telemedicine.

Layanan telemedicine adalah konsultasi online seputar masalah kesehatan yang terjadi di beberapa tahun belakangan ini, dan layanan ini sudah menjadi pilihan di tengah masa pandemi Covid-19. Lantaran meningkatnya jumlah pasien yang tidak dapat memungkinkan untuk berobat secara langsung ke rumah sakit dikarenakan situasi pandemi ini.

Dalam situasi pandemi seperti ini, telemedicine atau konsultasi online disarankan untuk masayrakat menjadi pilihan walaupun masyarakat masih bisa menjangkau fasilitas medis. Jadi telemedicine ini bukan hanya mereka yang tinggal di daerah terpencil yang bisa memperoleh manfaat telemedicine, melainkan masyarakat secara umum dapat menerima manfaat dari penggunaan telemedicine.

Secara umum telemedicine dapat dinyatakan sebagai penggunaan sebuah teknologi mengenai informasi dan komunikasi yang telah digabungkan dengan kepakaran medis sehingga memberikan layanan kesehatan, mulai dari konsultasi, diagnosa dan tindakan medis, tanpa terbatas ruang dan bisa dilakukan dari jarak jauh berbentuk video, suara, dan gambar secara interaktif yang dilakukan secara langsung dan nyata dengan mengintegrasikannya ke dalam teknologi pendukung video-conference.

Telemedicine ini memiki tujuan yang ingin meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat, memberikan dukungan secara klinis, berguna untuk mengatasi berbagai hambatan secara geografis ataupun jarak, dan membantu masyarakat dalam berbagai segala teknologi informasi yang dapat diterima oleh masyarakat. Fungsi dari telemedicine adalah mempermudahkan pelayanan medis dari fasilitas kesehatan, terutama untuk masyarakat yang daerahnya sulit terjangkau dan tidak dapat mengakses fasilitas tersebut. Namun di samping itu semua dibutuhkannya dukungan infrastruktur dan pemahaman masyarakat mengenai teknologi informasi yang memadai di dalam penerapan telemedicine.

Dengan segala keuntungan menggunakan media Telemedicine, telemedicine masih  dalam  proses  yang berubah-ubah. Karena itu telemedicine perlunya ada proses pengembangan agar dapat  mengatasi kendala dan kekurangan dari pemanfaatan teknologi telemedicine, sehingga masyarakat dapat menggunakan media telemedicine dengan aman, mengingat tidak sedikit dampak negatif yang terjadi karena adanya inovasi ini. Dengan adanya teknologi telemedicine yang diciptakan manusia, tidak dipungkiri juga teknologi tersebut dapat memengaruhi kehidupan manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.