Inovasi Kesehatan Teras Online dalam Pelayanan Kesehatan

Adanya Inovasi Teras Online untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan Pendaftaran.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Puskesmas adalah kepanjangan dari Pusat Kesehatan Masyarakat. Puskesmas ini termasuk ke dalam salah satu fasilitas kesehatan yang bergerak untuk masyarakat dalam upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.

Minyak Jelantah untuk Kesehatan, Lingkungan, dan Inovasi!

Puskesmas ini pun lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Dapat disimpulkan pengertian dari Puskesmas itu sendiri adalah untuk mengayomi dalam hal kesehatan di kalangan masyarakat untuk tercapainya derajat kesehatan yang maksimal.

Puskesmas Simpenan termasuk ke dalam salah satu Puskesmas yang berada di Wilayah Kabupaten Sukabumi, puskesmas ini berlokasi di Kp. Citamiang, Desa. Cidadap, Kec. Simpenan, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Pemkab Bondowoso Gratiskan Pelayanan Kelas Tiga

Puskesmas Simpenan ini memiliki Luas Wilayah 169.22 Km2 terdiri dari 7 Desa / Kelurahan dengan jumlah penduduk sebanyak 55.922 Jiwa (Bps Kab.Sukabumi, 2021).

Puskesmas Simpenan melakukan pelayanan pada hari Senin hingga Sabtu. Di dalam pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Simpenan tersedia fasilitas kesehatan yang memadai seperti Ruang Pendaftaran, Poli Umum, Poli Gigi, KIA, IGD, Laboratorium, Farmasi, Ruang Tunggu Pasien, Konseling, Ruang Tunggu Khusus Anak-Anak dan di Puskesmas Simpenan ini pun tersedia fasilitas kesehatan yang beroperasi 24 jam berupa layanan Poned (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar).

Korban Kecelakaan Ditelantarkan, Warga Mengamuk di Puskesmas

Diketahui di Puskesmas Simpenan ini selalu mendapatkan antrean yang sangat padat saat melakukan pelayanan pada hari Senin dan Kamis, sehingga membuat bertumpuknya masyarakat di ruangan pendaftaran. Dengan melihat persentase data kunjungan masyarakat yang sangat padat untuk mengantri di ruang pendaftaran, akhirnya pihak dari Puskesmas Simpenan ini pun mengeluarkan suatu inovasi berupa “Teras Online” (Register Secara Online).

Teras Online adalah suatu inovasi yang dibentuk oleh Puskesmas Simpenan agar memudahkan masyarakat dalam melakukan registrasi. Inovasi Teras Online ini sendiri berdiri sejak tahun 2018, tujuan dibentuknya Teras Online ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam sistem pendaftaran atau registrasi yang berbasis online sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantre panjang hingga bertumpuk di tempat pendaftaran pada saat datang ke Puskesmas. Teras Online ini sendiri bisa diakses melalui Aplikasi Whatsapp, Facebook dan Line yang sudah disediakan oleh pihak Puskesmas Simpenan.

Walaupun sudah terbentuknya inovasi Teras Online ini sendiri, tidak menjamin akan berjalan maksimal seperti apa yang diinginkan. Diketahui ada beberapa kekurangan juga dalam pelaksanaan Teras Online ini seperti, belum semua masyarakat paham tentang cara mengakses atau cara melakukan registrasi melalui Teras Online, susah nya akses jaringan yang didapatkan oleh masyarakat, keamanan atau ketidakpahaman masyarakat dalam mengakses hal yang berbasis online.

Akan tetapi, dibalik kekurangan dari inovasi Teras Online yang dibentuk oleh pihak Puskesmas Simpenan, pihak Puskesmas selalu berupaya dalam memaksimalkan inovasi tersebut. Cara memaksimalkan inovasi tersebut pihak Puskesmas selalu membantu atau memberikan arahan kepada masyarakat tentang bagaimana cara mengakses Teras Online ini.

 Pemberian arahan dari pihak Puskesmas dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan seperti, pada saat melakukan sosialisasi dengan masyarakat, pelaksanaan Posyandu oleh Bidan Desa dan pelaksanaan kegiatan lainnya. Untuk pelaksanaan Teras Online ini sendiri sudah tergolong cukup maksimal hingga saat ini. Faktanya dengan dibentuk inovasi Teras Online mampu meminimalisir kepadatan masyarakat pada saat melakukan antrean di tempat pendaftaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.