Menerka Konstelasi Pilpres

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • vstory

VIVA  - Nilai ekspor perhiasan Indonesia meningkat pada semester I tahun 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Sepanjang Januari-Juni 2021, ekspor industri perhiasan Indonesia mencapai USD1,23 miliar. Angka tersebut melesat hampir dua kali lipat menjadi USD2,37 miliar atau setara Rp34,8 triliun (kurs Rp14.700 per USD) pada Januari-Juni 2022.

Menurut data Trademap.org, negara utama tujuan ekspor perhiasan dari Indonesia antara lain Swiss (35%), Amerika Serikat (26%), Uni Emirat Arab dan Hongkong (masing-masing 11%).

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Ekspor Perhiasan Indonesia Naik 76%

Kok bisa, ujug ujug ekspor perhiasan Indonesia naik 76?n mayoritas ekspor ke Swiss.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Ekspor Emas, Perhiasan, dan Timah ke Swiss Sekarang Bebas Bea Masuk

Islandia dan Norwegia juga akan membuka akses pasar ekspor produk minyak sawit dan turunannya dengan pengenaan tarif 0%.

Kenapa kok tarif ekspor dibebaskan.

Sebelumnya menurut data Bank Indonesia, jumlah uang beredar tunai M1 bertambah Rp 400 triliun di bulan Desember 2021.

Artinya Indonesia sedang krisis likuiditas.

Grafik jumlah suplai uang beredar M2 cenderung stagnan di level Rp 7.000 Trilun sampai akhir semester 1 tahun depan.

Cekikan ular

USA selama ini melihat bahwa ekonomi politik sedunia sedang dilanda krismon krisis moneter, dengan melonjak nya suku bunga Federal Reserve, gara gara high inflation di USA dan Europe.

Dengan demikian, ekonomi Indonesia mengalami cekikan ular.

Kalangan atas mulai mencari solusi agar bisa memasukkan asetnya di luar negeri. Sebab posisi likuiditas Indonesia saat ini kering.

Sebelumnya Bank Indonesia membeli SUN untuk menalangi beban cicilan utang negara. Oleh World Bank pemerintah ditegur.

BI membantu pembiayaan APBN untuk penanganan pandemi corona lewat pembelian surat utang negara Rp 831,74 triliun. IMF ungkap bahayanya.

Seperti serangan ular, USA mencekik likuiditas Indonesia, sampai benar-benar kering kerontang.

Pada saatnya nanti dana-dana asing bisa dilonggarkan masuk ke Indonesia, karena terpaksa kondisinya krisis menjelang pilpres. Caranya kandidat calon presiden baru bisa menghasilkan solusi demi suksesi berkesinambungan sehingga jangan sampai Jokowi mengalami hard landing.

Tantangan anggaran ke depan adalah beban proyek infrastruktur BUMN, utang BUMN, utang negara, IKN Ibukota Nusantara, defisit anggaran APBN untuk PEN pemulihan ekonomi akibat covid, APBN untuk kereta cepat Bandung, risiko terhenti. Ini bisa mengakibatkan Hambalang jilid II.

Apalagi dewa Penolong Indonesia yaitu proyek investasi Tiongkok mengalami penurunan.

Kemungkinan sebagai salah satu caranya memperbaiki krisis likuiditas adalah lewat pakto 22. Mengapa? Karena otoritas bank-bank di Indonesia ada pada IMF. Persis seperti kejadian krismon 1998 perlu bantuan tangan IMF.

Kondisi ekonomi swasta Indonesia mirip dengan pakto 88. Pada saat itu bank-bank swasta dibuka lebar untuk dapat kredit asing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.