Kenapa Lebar Kereta Cepat Jakarta - Bandung hanya 3,36 Meter?

Kereta cepat hasil rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd (Foto/ANTARA/HO-CRRC)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Rangkaian kereta cepat Jakarta Bandung mulai dikirim ke Indonesia. Akun Youtube PT KCIC Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung memperlihatkan bagaimana proses pengiriman itu berlangsung. Proses pengiriman KCIC400AF itu dimulai dari pengecekan kualitas kereta dan pengemasan di pabrik CRRC, Sifang, China.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Setelahnya rangkaian kereta itu dibungkus dengan sangat rapi sebelum diangkut truk menuju ke pelabuhan. Kereta diangkut menggunakan truckload besar menuju Pelabuhan Qingdao, China. Sesampainya di Pelabuhan, rangkaian kereta cepat itu diangkut dengan menggunakan crane.

Kereta cepat Jakarta Bandung itu ditargetkan bisa melakoni tes dinamis pada November 2022 bertepatan dengan Presidensi G20. Sekadar informasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru, CR400AF. Ini merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Menurut spesifikasi di atas kertas, kereta cepat CR400AF memiliki lebar 3,36 m dan tinggi 4,05 m dengan panjang kepala kereta 27,2 m dan intermediate kereta 25 m. Selain lebih andal, CR400AF juga memiliki masa penggunaan lebih lama hingga lebih dari 30 tahun (sejak tahun produksi) serta biaya perawatan yang lebih rendah.

Pernahkah terpikir kenapa kok lebar kereta cepat Bandung hanya 3,36 meter?

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Kenapa kok tidak 5 atau 10 meter, seperti lebar pesawat Airbus?

Ternyata proses pengiriman kereta cepat Bandung lewat Pelabuhan Tanjung Priok lewat Jalan Raya. Juga lewat pintu toll.

Bila lebar kereta cepat Bandung lebih dari 3.36 meter maka beberapa pintu tol harus dibongkar. Kendaraan di jalan tol harus ditutup pada malam hari karena kereta cepat Bandung harus menutupi Jalan Raya.

Juga lebar truk container pun harus dibikin 2 truk gandeng kiri kanan. Oleh karena itu semua barang termasuk turbin pesawat ulang alik NASA, atau turbin pesawat lebar maksimum ya 3.36 meter.

Juga lebar tiang tiang pembangkit listrik tenaga angin pun lebar maksimum 3.36 meter.

Pun kendaraan Limousin tidak bisa lebih dari 3.36 meter karena diangkut barang nya dari Pelabuhan oleh truk container.

Kenapa kok semuanya terbatas dari lebar maksimum 3.36 meter?

Sejarah kendaraan bermotor asalnya dari kereta kuda. Sejak zaman Romawi Jalan Raya ditentukan oleh lebar dua ekor pantat kuda menarik kereta kayu.

Sejak zaman Romawi lebar jalan-jalan sedunia ya sebatas lebar kereta kuda.

Yang lebar lebih dari 3.36 meter hanya kapal boat, kapal tanker, pesawat penerbangan, lebarnya terserah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.