Pro-Kontra Kenaikan Harga BBM, Apa Reaksi Pemerintah?

Antre BBM
Antre BBM
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Beberapa hari sebelum berakhirnya bulan Agustus 2022 beredar rumor akan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, berikutnya muncul pro dan kontra di tengah masyarakat

Berikut disarikan pihak-pihak yang kontra seperti yang disampaikan oleh Kamarussamad, Anggota Komisi XI DPR RI bahwa Pemerintah  tidak perlu menaikkan harga BBM karena harga BBM dunia sudah berangsur-angsur turun. Di sini lain pada Semester pertama 2022 ini, penerimaan negara surplus sehingga cukup untuk menompang anggaran.

Kebijakan menaikkan BBM perlu dilihat secara mendalam dari aspek keuangan negara sebab menyangkut alokasi APBN untuk subsidi energi sebesar 502 triliun rupiah, yaitu subsidi BBM, listrik, dan elpiji tiga kilogram.

Dari 502 triliun rupiah yang terserap pada bulan Juni 2022 baru 74,5 triliun rupiah. Artinya masih ada 427,5 triliun rupiah alokasi di APBN masih cukup memadai dari sisi keuangan negara.

Menurut Kamarussamad, ada 3 alasan untuk tidak menaikkan harga BBM. Pertama, harga minyak dunia sudah turun. Dikutip dari situs Oilprice.com harga minyak mentah dunia saat ini berada di angka 94,68 dollar AS per barel. Angka tersebut secara tren terus turun dibandingkan pada harga pada 9 Juni 2022 yang mencapai 121,5 dollar AS per barel. Bahkan pada bulan Agustus, harga minyak dunia tidak pernah menyentuh lebih dari 95 dollar AS per barel.

Kedua, penerimaan negara meningkat bahkan surplus pada semester I-2022. BPS menyebutkan ekonomi Indonesia tumbuh tinggi pada triwulan II-2022 di tengah risiko pelemahan ekonomi global dan tekanan inflasi meningkat. Perkembangan tersebut tercermin pada pertumbuhan ekonomi triwulan II-2022 yang mencapai 5,44 persen (yoy), jauh di atas capaian triwulan sebelumnya 5,01 persen (yoy).

Ketiga, yaitu konsumsi atau daya beli masyarakat sudah mulai membaik. Namun kalau dengan keadaan ini, kemudian pemerintah menaikkan harga BBM maka daya beli masyarakat bisa kembali drop.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.